Panwaslu akan rekrut Panwaslu Muratara

id bawaslu, rektur panwaslu muratara

Panwaslu akan rekrut Panwaslu Muratara

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu RI) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Sumatera Selatan dalam waktu dekat akan merekrut panitia pengawas pemilihan umum di wilayah Kabupaten Musirawas Utara.

"Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) khususnya di daerah otonomi baru," kata anggota Komisioner Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sumatera Selatan Zulfikar di Kabupaten Musirawas Utara, Selasa.

Ia menjelaskan, rekrutmen itu berdasarkan surat edaran dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pusat, sedangkan Panwaslu daerah yang akan menggelar Pilkada belum dilantik.

"Kita tinggal menunggu waktu saja, kemungkinan perekrutan akan dilaksanakan pada awal April atau akhir Maret 2015," katanya.

Bawaslu itu akan bekerja berdasarkan rujukan dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), sedangkan draf PKPU sendiri saat ini masih dirancang DPR RI.

"Kalau draf PKPU sudah dalam bentuk peraturan, baru kita jalan dan melantik seluruh panwaslu," tandasnya.

Komisoner KPU Musirawas Supariyadi mengatakan akibat seluruh Panwaslu dan KPU belum dilantik, maka para calon bupati di wilayah itu bebas melakukan pelanggaran untuk mencari simpati masyarakat.

"Kami tidak bisa menjalankan tugas pokok sebagai pengawas Pemilu karena statusnya belum resmi," ujarnya.

Apalagi sebagai pengawas Pemilihan Umum tidak bisa berbuat banyak melakukan pengawasan di Kabupaten Musirawas karena belum ada petunjuk dari PKPU.

Untuk pelaksanaan tahapan Pilkada saat ini masih dalam persiapan, terutama masalah teknis seperti menyediakan alat sarana dan prasarana, ujarnya.