BNI luncurkan ATM sepeda motor di Palembang

id bni, atm bni

BNI luncurkan ATM sepeda motor di Palembang

BNI (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bank Negara Indonesia meluncurkan Anjungan Tunai Mandiri khusus bagi pengendara sepeda motor di salah satu taman Kota Palembang, Rabu.

Peluncuran satu-satunya Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sepeda motor di Sumatera Bagian Selatan (Sumsel, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Pangkal Pinang) ini turut diikuti belasan anggota Ikatan Motor Besar Indonesia yang sekaligus mendemontrasikan penggunaan ATM tersebut menggunakan motor gede (moge).

Dalam acara ini juga, dilakukan penanaman pohon oleh Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo dengan CEO BNI Wilayah Palembang Asmorohadi di taman tempat ATM sepeda motor itu berada yakni di Jalan Kolonel H Burlian, persis di depan RS Ernaldi Bahar.

Asmorohadi mengatakan, pendirian fasilitas ATM sepeda motor ini merupakan upaya BNI untuk memberikan kemudahan, kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi perbankan.

"Kini nasabah tidak perlu lagi memarkirkan kendaraannya, bisa langsung saja. Lebih cepat dan praktis, serta aman karena ada petugas keamanan dan kamera pengintai yang disiagakan selama 24 jam," ujar dia.

Ia menambahkan, Kota Palembang dipilih menjadi satu dari 20 titik ATM sepeda motor se-Indonesia karena berdasarkan hasil survei diketahui terdapat ribuan nasabah yang menggunakan sepeda motor.

Selain itu, dari sisi pertumbuhan ekonomi juga cukup menjanjikan untuk sektor perbankan.

"BNI tentunya menggelar survei terlebih dahulu karena biaya infrastruktur untuk membangun ATM sepeda motor tidak sedikit, sehingga ATM ini tidak ditempatkan di setiap provinsi," ujar dia.

Ia menambahkan, pada 2015, BNI menargetkan penambahan ATM sebanyak 2.000 mesin di seluruh Indonesia. Sementara, jumlah ATM yang ada termasuk ATM sepeda motor telah mencapai 14.083 mesin.

Khusus BNI di wilayah Palembang (Sumsel, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Pangkal Pinang) sudah mencapai 788 mesin ATM, sementara pada tahun ini ditargetkan terjadi penambahan sebanyak 94 mesin baru ATM. Sementara di Kota Palembang terdapat 233 mesin ATM.

Sementara, Plt Wali Kota Palembang mengharapkan langkah yang diambil BNI ini juga diikuti oleh perbankan lainnya karena keberadaan infrastruktur ATM sepeda motor ini sekaligus membantu pemerintah kota dalam memperbanyak taman kota.

"Pemerintah kota sangat mendorong pertumbuhan industri perbankan, karena jika bank tumbuh artinya jumlah perputaran uang di masyarakat juga semakin banyak," kata Harnojoyo.