DPRD OKU prioritaskan perbaiki SD terkena longsor

id sd, sd terkena longsor

DPRD OKU prioritaskan perbaiki SD terkena longsor

Gedung SD tertimbun longsor (Foto: antarasumsel.com/15/Edo Permana)

Baturaja, 3/4 (Antara) - DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan prioritaskan anggaran guna memperbaiki gedung Sekolah Dasar Negeri 128 di Desa Gunung Tiga Kecamatan Ulu Ogan pasca diterjang longsor yang terjadi Kamis (26/3).

"Apa yang dibutuhkan di Sekolah Dasar (SD) tersebut jadi prioritas, akan dibahas di ABT dan kalau tidak bisa diakomodir Dinas Pendidikan (Diknas) setempat, nanti dimasukkan dianggaran Dinas PU Cipta Karya," kata Ketua Komisi II DPRD OKU, Yopi Sahruddin di Baturaja, Jumat.

Dikatakannya, pihaknya sudah berkordinasi dengan Diknas Ogan Komering Ulu (OKU) terkait guna membahas permasalahan kondisi sekolah tersebut.

Yopi menjelaskan, yang terpenting bagi siswa-siswi di sana pasca longsor sekarang ini, tidak menghentikan proses belajar mengajar.

"Diknas mengatakan bahwa masyarakat di sana gotong-royong membersihkan lumpur-lumpur sisa longsor. Mereka juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," katanya.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan akan mentalud tanah yang berada di dekat lokasi SD tersebut.

"Untuk saat ini tidak mengganggu proses belajar mengajar. Mereka cuma libur sehari dan sudah berjalan seperti biasa," ungkapnya.

Sementara, untuk menghindari longsor susulan yang menerjang bangunan SD Negeri 128 Desa Gunungtiga, harus dipasang dam penahan di lereng bukit tepatnya di bagian atas bangunan sekolah.

Diharapkan berfungsi menahan arus air dan lumpur bercampur napal yang apabila sewaktu-waktu terjadi banjir dan longsor serupa.