Demokrat survei tentukan calon bupati

id demokrat, partai demokrat

Demokrat survei tentukan calon bupati

Partai Demokrat (FOTO ANTARA)

Sanur, Bali (ANTARA Sumsel) - Partai Demokrat melakukan survei sampai tiga kali untuk menentukan bakal calon bupati/wakil bupati yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah serentak Desember 2015.

Koordinator Pilkada Sumatera II (Lampung, Sumsel, Bengkulu, Jambi Bangka Belitung) DPP Partai Demokrat, Syofwatillah Mohzaib menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai pilkada saat dihubungi dari Bali, Kamis.

Menurut dia, dalam menentukan bakal calon bupati/wakil bupati di tujuh kabupaten di Sumsel akan dilakukan survei sebanyak tiga kali dengan menggandeng lembaga survei profesional.

"Kami telah membentuk tim koordinator yang terdiri atas pengurus harian terbatas, dibagi per wilayah. Tugas kami memerintahkan atau memantau, pelaksanaan petunjuk pelaksana maupun petunjuk teknis mulai tingkatan DPC hingga DPD," katanya.

Ia mengatakan, partai itu membuka pendaftaran siapapun diterima pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati, nanti disampaikan ke DPD untuk diseleksi, kemudian dibawa ke DPP.

Untuk melakukan survei terhadap bakal calon bupati/wakil bupati itu, pihaknya menggandeng LSI, karena dianggap kredibel dan independen, ujarnya.

Ia menuturkan, nanti lembaga survei akan memaparkan kepada tim dan siapa yang tertinggi satu sampai tiga akan dipanggil dan dilakukan survei kembali.

"Survei bisa dilakukan dua hingga tiga kali, dan partai akan membiayainya, kami tidak memungut biaya, karena ingin memilih pemimpin ke depan terbaik untuk membangun daerah dengan baik pula," papar Syofwatillah yang juga anggota DPR RI tersebut.

Setelah survei terakhir, nantinya dilaporkan dalam rapat harian terbatas yang terdiri atas Ketua Umum, Wakil Ketum dan Sekjen, serta koordinator Pilkada agar diberikan persetujuan untuk syarat pendaftaran ke KPU," tambahnya.