Demokrat seleksi calon Bupati OKU Selatan

id demokrat

Demokrat seleksi calon Bupati OKU Selatan

Partai Demokrat (FOTO ANTARA)

...ada tujuh bakal calon bupati yang mendaftar di DPC Partai Demokrat OKU Selatan...
Sanur, Bali (ANTARA Sumsel) - Partai Demokrat mulai menseleksi bakal calon bupati/wakil bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan untuk diusung pada pemilihan kepala daerah, Desember 2015.

"Pendaftaran untuk bakal calon bupati/wakil bupati di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan sudah ditutup pada 2 April lalu, sekarang masuk dalam tahap proses seleksi administrasi," kata Ketua DPC Partai Demokrat OKU Selatan, Zainuddin ketika ditanya pilkada di Bali, Jumat.

Menurut dia, ada tujuh bakal calon bupati yang mendaftar di DPC Partai Demokrat OKU Selatan, antara lain Zainuddin, Wahab Nawawi, Popo Ali, Erawan Abizar, Sholihin Abuasir dan Faisal Ranopa.

Ia mengatakan, semua bakal calon bupati yang mendaftar di partai itu disampaikan ke DPD Partai Demokrat Sumsel.

Nanti, DPD bersama-sama DPC dan DPP yang tergabung dalam tim akan melakukan proses untuk pencalonan kepala daerah di OKU Selatan itu, katanya.

Sebelumnya, Koordinator Pilkada Sumatera II (Lampung, Sumsel, Bengkulu, Jambi Bangka Belitung) DPP Partai Demokrat, Syofwatillah Mohzaib menjelaskan, mereka telah membentuk tim koordinator yang terdiri atas pengurus harian terbatas dibagi per wilayah.

"Tugas kami memerintahkan atau memantau, pelaksanaan petunjuk pelaksana maupun petunjuk teknis mulai tingkatan DPC hingga DPD," ujarnya.

Ia menyatakan, partai itu membuka pendaftaran siapapun diterima pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati, nanti disampaikan ke DPD untuk diseleksi, kemudian dibawa ke DPP.

Untuk melakukan survei terhadap bakal calon bupati/wakil bupati itu, pihaknya menggandeng LSI untuk survei, karena dianggap kredibel dan independen, tuturnya.

"Survei bisa dilakukan dua hingga tiga kali, dan partai akan membiayainya, sementara kami tidak memungut biaya, karena ingin memilih pemimpin ke depan terbaik untuk membangun daerah dengan baik pula," papar Syofwatillah yang juga anggota DPR RI tersebut.

Setelah survei terakhir, nantinya dilaporkan dalam rapat harian terbatas yang terdiri atas Ketua Umum, Wakil Ketum dan Sekjen, serta koordinator Pilkada agar diberikan persetujuan untuk syarat pendaftaran ke KPU, tambahnya.