Pemkot Palembang rencanakan sekolah UN berbasis komputer

id komputer, un online

Pemkot Palembang rencanakan sekolah UN berbasis komputer

Ujian nasional menggunakan sistem online (Foto: antarasumsel.com/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang Sumatera Selatan merencanakan seluruh sekolah dari tingkatan SD hingga SMA menjalankan Ujian Nasional berbasis komputer pada tahun 2016.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palembang Ahmad Zulinto di Palembang, Senin, mengatakan, ujian nasional (UN) dengan sistem Computer Based Test (CBT) ini sangat efektif dan efisien sehingga program pemerintah sangat layak didukung oleh pemerintah di tingkat kabupaten/kota.

"Meski sistem CBT memerlukan banyak perangkat komputer, tapi setelah dihitung-hitung jauh lebih hemat karena naskah soal dan lembar jawaban tidak perlu dicetak," kata Zulinto seusai memantau proses UN di SMK N 1 Palembang.

Ia menambahkan, selain lebih hemat, sistem ujian berbasis komputer ini lebih terpercaya karena proses dari awal hingga akhir dilakukan siswa seperti membuka soal dengan cara menggunakan kata kunci masing-masing.

"Proses ringkas sekali karena siswa tinggal mengunduh soal melalui internet, kemudian soal yang diunduh ini berbeda-beda untuk setiap siswa jadi meminimalisasi kecurangan," kata dia.

Terkait dengan kelengkapan infrastruktur penunjang seperti genset harus disediakan setiap sekolah yang ingin menjalankan UN berbasis komputer ini, ia tidak menyangkal hal ini masih akan dikoordinasikan dengan seluruh instansi terkait.

"Selain memastikan kesiapan tenaga listrik dari PLN, juga setiap sekolah harus ada genset, ini yang masih dikoordinasi karena terkait dengan dana," kata dia.

Sistem berbasis komputer tahun ini mulai dilaksanakan di beberapa sekolah di Palembang, yakni SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMK Swakarya, SMA Xaverius 1 dan SMPN 1.