Pelaksanaan UN di Palembang tertib

id ujian nasional, un

Pelaksanaan UN di Palembang tertib

Peserta Ujian Nasional tahun 2015 (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pelaksanaan ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Atas dan sederajat di Kota Palembang berlangsung tertib, aman, dan lancar sesuai jadwal yang ditentukan.

Pantauan Antara di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Palembang, Selasa, seperti SMA Negeri 6 Sekip Ujung dan SMA Negeri 1 Bukit Besar, tampak siswa di sekolah tersebut bisa melalui Ujian Nasional (UN) pada hari pertama dan kedua dengan baik.

Salah seorang peserta ujian Silfia mengatakan, soal mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama dan kedua ini dapat diselesaikan dengan baik.

Sebagai siswa jurusan IPA, menurut dia, dua mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama yakni Bahasa Indonesia dan Kimia dan hari kedua ini yakni Matematika dan Biologi dapat diselesaikan dengan baik.

"Sejauh ini saya bisa menyelesaikan ujian dengan baik, dan diharapkan pada hari terakhir Rabu (15/4), pelaksanaan UN bisa berlangsung dengan lancar dan soal mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Inggris dan Fisika dapat dijawab dengan maksimal," ujarnya.

Berdasarkan pelaksanaan ujian yang telah dilalui dalam dua hari ini, dia optimistis dapat lulus UN dengan nilai yang cukup memuaskan.

Sementara Kabid Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Diknas Sumsel Bonny Safrian menjelaskan, pelaksanaan UN yang dikuti 96.174 orang pelajar Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan di Palembang dan 16 kabupaten dan kota lainnya berjalan dengan baik sesuai harapan.

Dalam ujian nasional yang sebagian besar masih menggunakan kertas "paper based test/PBT" atau sistem lama yang dijadwalkan berlangsung pada 13-15 April 2015 itu mengujikan enam mata pelajaran.

Mata pelajaran yang diujikan untuk siswa SMA jurusan IPS yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi.

Sedangkan untuk jurusan IPA diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia.

Sebelumnya Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sekayu Kabupaten Muba, Armansyah mengatakan, pelaksanaan UN di sekolahnya berjalan lancar.

Seluruh siswa yang mengikuti ujian tersebut berjumlah 311 siswa dengan menggunakan 17 ruang kelas dan diawasi dua guru di setiap kelasnya.

Pelaksanaan UN yang berlangsung selama tiga hari mulai 13-15 April 2015, dengan mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama yakni Bahasa Indonesia dan Kimia untuk jurusan IPA, Bahasa Indonesia dan Geografi untuk jurusan IPS.

Kemudian pada hari kedua mata pelajaran Matematika dan Biologi untuk jurusan IPA, serta mata pelajaran Matematika dan Sosiologi untuk jurusan IPS, dan hari terakhir mata pelajaran Bahasa Inggris dan Fisika untuk jurusan IPA, serta Bahasa Inggris dan Ekonomi untuk jurusan IPS.

"Kami bertharap seluruh siswa yang mengikuti UN ini dapat lulus 100 persen dengan nilai yang bagus dan dapat melanjutkan pendidikannya ke perguran tinggi bergengsi," ujar Armansyah.