Pemkab Muba galakkan pengembangan wisata sungai

id muba,sungai

 Pemkab Muba galakkan pengembangan wisata sungai

Kabupaten Muba miliki potensi pariwisata cukup besar. (Foto Antarasumsel.com/Edy Parmansyah)

Muba, (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terus menggalakkan pengembangan wisata sungai di Kota Sekayau, sebagai daya tarik meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Untuk mengembangkan wisata sungai itu dalam dua tahun terakhir dijalankan beberapa proyek pembangunan infrastruktur, penataan sungai dan penambahan fasilitas pariwisata," kata Kabag Humas Setda Musi Banyuasin Solekhan di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, Dinas Pariwisata didukung sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Dinas Pekerja Umum saat ini terus berupaya menyiapkan berbagai sarana dan prasarana objek wisata sungai dan melakukan penataan sepanjang daerah aliran Sungai Musi.

Kawasan tepian sungai di daerah ini dirancang sebagai kawasan terpadu serta dikembangkan sarana dan prasarana penunjang pariwisata seperti hotel berbintang dan kapal wisata dengan konsep kapal "Roda Lambung" yang pernah digunakan masyarakat pada zaman Belanda sebagai moda transportasi di Sungai Musi.

Kapal "Roda Lambung" tersebut akan dirancang sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan moda transportasi wisata sungai yang dilengkapi dengan restoran dan fasilitas hiburan, sedangkan hotel berbintang, pihaknya akan mengembangkan hotel milik perusahaan daerah yakni Hotel Ranggonang dengan konsep posisinya menghadap ke Sungai Musi, katanya.

Dia menjelaskan, Sungai Musi memiliki potensi yang luar biasa jka dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sebagai tempat wisata, karena beberapa negara luar memanfaatkan potensi sungai yang mereka miliki sebagai objek wisata andalan yang dikelola secara profesional dengan didukung fasilitas yang memadai.

Salah satu sungai yang bisa dijadikan contoh untuk pengembangan wisata sungai di Sekayu, ibu kota Kabupaten Muba ini adalah Sungai Danube di Kota Beograd, Serbia, yang beberapa waktu lalu sempat dikunjungi Bupati Muba Pahri Azhari dan rombongan.

Sungai Danube yang sebelumnya hanya difungsikan sebagai jalur ekonomi kini dengan penambahan fasilitas pendukung wisata dan penataan bagunan di sekitar sungai dengan posisinya menghadap ke sungai menjadi objek wisata andalan yang menarik banyak wisatawan mancanegara, kata dia pula.