Pengusaha: Jok kulit impor diminati konsumen Palembang

id pengusaha: jok kulit impor diminati konsumen palembang, jok mobil

Pengusaha: Jok kulit impor diminati konsumen Palembang

Bisnis jok kulit mobil di Palembang masih diminati konsumen (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pelapis berbahan baku kulit eks impor untuk jok mobil banyak diminati konsumen di Palembang, Sumatera Selatan, karena kualitasnya lebih bagus dibandingkan produk dalam negeri, kata Maxi, pengusaha setempat.

"Jadi, walaupun nilai tukar rupiah terhadap dolar semakin merosot, namun bisnis perdagangan kulit impor untuk pelapis jok mobil masih tetap bagus sebab diminati banyak konsumen," kata Maxi, pengusaha jok kulit mobil di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dengan tetap menjaga stabilitas harga dan pelayanan, mampu terus mengembangkan potensi yang masih sangat bagus dalam usaha tersebut.

Dijelaskannya, interior jok mobil merupakan salah satu pelengkap untuk menambah tampilan mobil saat ini makin ramai diminati oleh konsumen khususnya di Kota Palembang.

Kulit pelapis jok mobil berbahan produk impor dan menjadi primadona masyarakat, sehingga bisnis itu tidak terlalu terdampak dengan situasi fluktuasi rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sekarang ini, katanya.

Kondisi tersebut terjadi, kata dia, karena masing-masing pelaku usaha ini mempunyai trik khusus dalam pemesanan barang guna mengantisipasi kondisi semakin merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Kulit pelapis jok mobil, menurut dia, kebanyakan didatangkan dari Jerman, Austria dan Australia, karena secara kualitas cukup bagus yang dibandrol kisaran Rp2,3 juta untuk jok kulit tipe sedan, serta Rp2,7 juta tipe minibus dengan garansi pemakaian selama setahun oleh pelaku usaha.

"Kami bekerja sama dengan pihak yang dipercaya dan selalu diberi informasi sejak jauh hari kalau ada kenaikan harga, sehingga bisa menyetok barang lebih banyak," katanya.

Ia menambahkan, pemesanan bahan baku secara terus-menerus sebelum melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi sebuah solusi yang tetap menjaga stabilitas harga dan konsumen.

Sementara, pihak produsenpun memberikan garansi jika memang pada saat rupiah menguat terhadap dolar, maka akan dikembalikan kelebihan dengan catatan stok dibeli pada saat itu belum habis terjual.

Kondisi demikian menjadi jaminan tanpa perlu khawatir dalam menjalankan bisnis kulit jok mobil yang telah ditekuni sejak enam tahun lalu, katanya.