Pengelolaan Terminal Batukuning Baturaja diambil alih pusat

id pengelolaan terminal batukuning baturaja diambil alih pusat, dishub, dinas perhubungan

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Pengelolaan terminal Batukuning Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan yang sebelumnya dikelola Dinas Perhubungan wilayah setempat, akan diambil alih oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI.

"Kebijakan ini berlaku seluruh Indonesia dan wacananya segera direalisasikan dalam waktu dekat," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ogan Komering Ulu (OKU), Firmansyah di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, kebijakan itu diberlakukan pemerintah pusat agar pengelolaannya bisa maksimal, sehingga mampu menambah pendapatan bagi kas negara.

"Selama ini pembangunan terminal di seluruh Indonesia terkesan mubazir karena banyak yang tidak berfungsi maksimal akibat sopir angkutan umum dan penumpang malas singgah. Oleh karena itu, pemerintah pusat mencoba mengambil alih pengelolaannya," kata Firmansyah.

Selain itu lanjut dia, kebijakan tersebut juga diterapkan guna menekan kebocoran pendapatan asli daerah dari sektor retribusi terminal.

"Mudah-mudahan saja kebijakan ini bisa segera diterapkan. Kami sendiri akan mendukung penuh kebijakan tersebut," tegasnya.

Selain terminal kata Firmansyah, pemerintah pusat juga akan mengambil alih pengelolaan Timbangan Pos Terpadu (TPT) di seluruh Indonesia.

"Jadi kedepan Dishub ini tugasnya hanya difokuskan untuk mengelola izin trayek, parkir dan uji kir saja. Sementara yang lain diambil alih pusat," tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya sendiri saat ini sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti aturan tersebut.

"Jadi dengan adanya kebijakan itu, maka pemerintah pusat berharap kedepan Dishub di seluruh Indonesia bisa lebih konsen mengurus dan membenahi masalah parkir, izin trayek dan uji kir," ujarnya.