Palembang diproyeksi jadi pioner wisata sungai Indonesia

id kota palembang, wisata sungai, pariwisata palembang, pemkot palembang, sungai musi

Palembang diproyeksi jadi pioner wisata sungai Indonesia

Sungai Musi Palembang. (FOTO antarasumsel.com)

....di Indonesia belum ada yang fokus mengembangkan wisata sungai, sementara untuk wisata laut terbilang sudah banyak....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kota Palembang diproyeksi menjadi lokasi wisata sungai pertama di Indonesia karena memiliki potensi dari sisi bentang alam, kata Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Investasi Pemkot Palembang Sudirman Tegoeh.

"PT Pengembang Pariwisata Indonesia Persero (ITDC) tertarik mengembangkan pariwisata di Kota Palembang karena di Indonesia belum ada yang fokus mengembangkan wisata sungai, sementara untuk wisata laut terbilang sudah banyak," kata Sudirman di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan, ketertarikan untuk mengembangkan kawasan Sungai Musi ini sudah beberapa kali disampaikan jajaran direktur PT ITDC ke Pelaksana Tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo.

"Pada petemuan terakhir dengan Plt Wali Kota di Lombok beberapa waktu lalu malahan proyek ini tidak lagi sebatas wacana tapi sudah menjajaki bagaimana merealisasikannya," kata Sudirman.

Pada dasarnya, ia melanjutkan, pemkot sangat menyambut baik rencana ini karena sejak lama terkendala dana dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Kehadiran BUMN PT ITDC ini diharapkan memecah kebuntuan ini mengingat selama ini belum ada yang mampu menyambungkan antara pihak swasta dan pemerintah.

"Yang disukai dari kerja sama ini yakni PT ITDC akan mengawal ketersediaan dana, seperti halnya ketika membangun Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang membutuhkan dana Rp1,8 triliun. Kini pemerintah pusat sudah siap menguncurkan dana Rp250 miliar setiap tahun," kata dia.

Untuk mempercepat proyek ini, Tim ITDC dalam waktu dekat akan mengirimkan konsultan untuk mengamati secara cermat tiga kawasan yang dibidik untuk dijadikan lokasi wisata air yakni Pulau Kemaro, Seberang Ulu, dan Pulokerto.

"Nantinya, jika hasil penganalisaan konsultan sangat layak maka pemerintah kota akan segera melanjutkan ke tahap penyerahan lahan. Penyerahan lahan merupakan bagian dari penyertaan modal daerah," kata dia.