Bupati: Sektor Pendidikan di Musirawas meningkat pesat

id bupati musirawas, musirawas, ridwan mukti, pendidikan musirawas, pendidikan meningkat, pendidikan

Bupati: Sektor Pendidikan di Musirawas meningkat pesat

Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti (Foto Antarasumsel.com/Ist)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Bupati Musirawas, Sumatera Selatan, Ridwan Mukti mengatakan, pembangunan sektor pendidikan di kabupaten ini meningkat pesat sehingga tak ada lagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

Selain itu angka buta aksara hingga saat ini tinggal 1,55 persen dari tahun sebelumnya mencapai 1,70 persen dari jumlah penduduk sekitar 400.000 jiwa, kata Ridwan Mukti di Musirawas, Kamis.

Ia menjelaskan, pada 2005 jumlah sarana pendidikan sekolah dasar negeri dan swasta tercatat 418 unit tersebar di 21 kecamatan namun pada 2013 dapat ditingkatkan menjadi 429 unit.

Untuk Sekolah Madrasyah Islam dari 33 unit naik menjadi 35 unit, Sekolah Menengah Pertama Negeri dan swasta dari 51 unit bertambah menjadi 92 unit.

Sekolah Madrsayah Tsanawiyah dari 35 unit pada 2005 naik menjadi 40 unit pada 2013 dan Sekolah Menengah Atas Negeri dan swasta dari 16 unit menjadi 32 unit.

Sedangkan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan swasta dari satu unit pada 2005 naik menjadi delapan unit pada 2013 serta Sekolah Menengah Aliyah (MA) dari delapan unit bertambah menjadi 16 unit.

Untuk perguruan tinggi saat ini sudah berdiri Universitas Musirawas dengan berbagai jurusan antara lain jurusan pertanian, hukum, teknik komputer dan sosial politik. 

Sementara perguruan tinggi swasta lainnya sudah berkembang yang lokasinya saat ini masuk dalam wilayah Kota Lubuklinggau yang dulunya ibu kota Kabupaten Musirawas, ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas Sukamto mengatakan jumlah sekolah di daerah itu saat ini berkurang karena ada kabupaten pemekaran yaitu Kabupaten Musirawas Utara. 

Sebelumnya berada di 21 kecamatan dan sekarang tinggal 14 kecamatan, namun jumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) tetap berlebih bahkan dalam satu kecamatan terdapat tiga gedung SMA.

Seperti di Kecamatan Muara Kelingi dan Kecamatan Muara Lakitan masing-masing ada tiga gedung SMA, selain itu setiap kecamatan ada satu gedung SMA.

Kalau pada 2005 dari tiga kecamatan hanya ada satu gedung SMA dan sekarang ada Universitas Musirawas. Pemerintah daerah juga akan memprogramkan pendidikan gratis hingga ke perguruan tinggi, ujarnya.