Perbankan: Pelunasan setoran haji nasabah awal Mei

id perbankan, setoran haji, haji, nasabah tabungan haji, tabungan haji

Perbankan: Pelunasan setoran haji nasabah awal Mei

Ilustrasi Jamaah calon haji Sumsel (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

....para nasabah tabungan haji untuk mempersiapkan uang sisa yang belum terbayarkan jika ingin tetap berangkat pada tahun ini karena jika tidak maka akan tereleminasi....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pelunasan setoran haji bagi nasabah yang telah masuk dalam daftar keberangkatan tahun ini wajib dilakukan pada awal Mei 2015, kata Kepala Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang Kemas Erwan.

"Bank Syariah Mandiri (BSM) mengingatkan para nasabah tabungan haji untuk mempersiapkan uang sisa yang belum terbayarkan jika ingin tetap berangkat pada tahun ini karena jika tidak maka akan tereleminasi," kata Kemas di Palembang, Jumat.

Karena itu, ia melanjutkan, nasabah yang tidak melunasi meski sudah masuk daftar keberangkatan tahun ini maka secara otomatis akan masuk daftar keberangkatan 2016.

"Banyak faktor yang membuat nasabah urung berangkat, bukan hanya karena belum cukup uang tapi bisa karena sakit, hamil, atau memang belum siap secara psikologis," kata dia.

Terkait berapa besar dana pelunasan biaya haji ini, ia menjelaskan bahwa nasabah tabungan haji diwajibkan membayar sesuai ketentuan pemerintah setelah dikurangi setoran awal Rp25 juta dan setoran tambahan selama menabung.

Ia menjelaskan, sementara ini, Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama telah sepakat menurunkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1436 Hijriyah/2015 Masehi sebesar 502 dolar Amerika Serikat, dari 3.219 dolar AS pada 2014 menjadi 2.717 dolar AS pada 2015.

"Berdasarkan ketetapan pemerintah jika mengacu pada nilai dolar maka memang ada penurunan. Tapi, jika mengacu pada rupiah relatif stabil karena nilai rupiah melemah terhadap dolar," ujarnya.

Sebanyak 17.500 orang tercatat sebagai nasabah tabungan haji BSM Cabang Palembang. Setiap tahun sekira 500 orang nasabah menjadi jemaah haji.

"Untuk yang membuka tabungan tahun ini, kemungkinan masuk daftar keberangkatan pada 2029," ujar dia.