Diknas: Hanya satu Sekolah siap UN CBT

id dinas pendidikan, kepala diknas sumsel, widodo, ujian nasional smp, ujian nasional, un komputer, un online, un cbt

Diknas: Hanya satu Sekolah siap UN CBT

Sejumlah siswa SMP Negeri 1 Palembang melakukan simulasi pelaksanaan Ujian Naional Berbasis Computer atau Computer Based Test (CBT) di laboratorium SMP Negeri 1 Palembang Sumsel, Kamis (23/4). (Foto:antarasumsel.com/15/Feny Selly)

....hanya SMP Negeri 1 Palembang yang siap melaksanakan UN berbasis komputer ....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Widodo mengatakan hanya satu SMP di daerah ini yang siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer atau atau "Computer Based Test" (CBT).

"Di Sumatera Selatan hanya SMP Negeri 1 Palembang yang siap melaksanakan UN berbasis komputer sehingga pelaksanaan dan pengawasan lebih mudah," katanya kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Menurut dia, ujian nasional berbasis komputer tersebut tahun ini merupakan kali pertama dilaksanakan sehingga akan dijadikan sebagai ajang uji coba.

"Mudah-mudahan tidak ada hambatan pelaksanaan ujian nasional menggunakan komputer tersebut," katanya.

Dia menilai, secara umum memang mengerjakan ujian berbasis komputer tidak terlalu sulit seperti pengalamam UN SMA belum lama ini.

Oleh karena itu siswa tidak perlu khawatir sebab hanya perubahan sistem saja.

Ketika ditanya persiapan ujian nasional sendiri, dia mengatakan, semuanya sudah siap dan tinggal pelaksanaan saja.

Sebab seluruh perlengkapan yang dibutuhkan sudah tersedia sehingga diharapkan pelaksanaannya tidak ada masalah.

Begitu juga pihaknya terus melaksanakan koordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten dan kota mengenai pelaksanaan ujian nasional tersebut.

Pada Kamis (23/4), SMP Negeri 1 Palembang melakukan simulasi UN berbasis komputer tersebut, bahkan sejumlah siswa mengatakan optimistis bisa mengerjakan soal dengan mudah dibandingkan ujian manual menggunakan kertas.

"Ketika simulasi bisa 45 menit lebih cepat, selain itu praktis," kata Dea, siswa yang baru saja mengikuti simulasi UN berbasis komputer di Palembang.

Tanggapan positif siswa ini menjadi pemacu semangat bagi SMPN 1 Palembang sebagai satu-satunya penyelenggara UN CBT SMP di Sumatera Selatan.

"Kami juga sempat menyediakan angket pada peserta, dan sejauh ini tanggapan anak-anak sangat positif," kata Ketua Pelaksana Ujian Nasional CBT SMPN 1, Yanti Pratiwi.

Menurut dia, bila pelaksanaan UN berbasis komputer ini sukses diharapkan SMPN 1 bisa menjadi contoh dan membantu SMP lain di Palembang untuk melakukan hal serupa.

"UN berbasis komputer ini sangat efisien dan menghemat waktu, serta hasil ujian bersih tanpa adanya kemungkinan kecurangan," ungkapnya.

Ia menilai, UN seperti sekarang membuktikan kejujuran siswa, sehingga bila mampu mempertahankan prestasi akan menjadi sekolah peraih rata-rata UN tertinggi dengan sistem seperti ini.

Pelaksanaan UN pada Mei mendatang sekolah ini telah menyediakan 85 unit komputer dengan 11 cadangan yang terbagi dalam tiga lokal.