Pertina minta kepastian terkait latihan di Kuba

id pertina, tinju, tinju indonesia, petinju indonesia, tinju sea games, persiapan sea games, ketua pertina, reza ali

Pertina minta kepastian terkait latihan di Kuba

Ilustrasi (Foto:antarasumsel.com/15/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia meminta kepastian dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga terkait rencana mengirimkan atlet Tim Nasional berlatih di Kuba, karena perhelatan SEA Games akan digelar pada Juni 2015.

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Reza Ali di Palembang, Jumat, mengatakan, kepastian ini dibutuhkan mengingat masa persiapan tinggal menyisakan masa satu bulan.

"Seharusnya paling lambat pekan ini sudah ada kepastian, jika batal, ya sudah, artinya atlet akan difokuskan di Indonesia saja, tapi jika jadi, harus ada langkah nyata dari Kemenpora terutama dalam urusan administrasi dan lainnya," kata Reza.

Ia mengatakan, Pertina saat ini dilanda kebingungan atas sikap Kemenpora, apalagi muncul wacana baru yakni mengirimkan atlet ke Kazakstan.

Pada dasarnya Pengurus Pusat Pertina kurang menyetujui rencana sejak awal membidik Kuba, mengingat atlet-atlet tinju amatir relatif banyak di sana.

"Kuba ini menjadi tujuan bukan tidak ada dasarnya. Negara ini menjadi yang terbaik untuk tempat berlatih, meski secara fasilitas kurang memadai, tapi atlet-atletnya banyak dan berkualitas," kata dia.

Selain itu, negara ini sangat kondusif untuk dijadikan pemusatan latihan karena para atlet dengan sendirinya akan berkonsentrasi, mengingat Kuba merupakan negara miskin.

"Anak-anak akan lebih konsentrasi berlatih, tidak ada rencana jalan ke mal atau lainnya karena jam sembilan saja listrik sudah dimatikan. Ini siasat jitu untuk menghadapi atlet masa kini, karena biasanya sibuk memainkan telepon seluler," ujar dia.

Untuk itu, Pengurus Pusat Pertina berharap Kemenpora segera mengambil tindakan nyata terkait uji coba menjelang SEA Games ini.

Jika persoalan masih berkutat pada keterlambatan pencairan dana, maka ini patut dipertanyakan karena juga menjadi alasan ketika pembatalan rencana keberangkatan atlet ke Kuba pada Februari lalu.

"Atlet ini sudah bagus grafiknya, saat ini sedang berkompetisi di Piala Presiden. Ini sayang jika tidak dijaga, harus ada satu kesempatan uji coba minimal satu kali lagi sebelum SEA Games," kata dia.

Timnas Tinju Indonesia ditargetkan meraih dua medali emas pada SEA Games XXVIII di Singapura pada Juni mendatang atau meningkat dari capaian di Myanmar pada dua tahun lalu yakni meriah lima medali perak.

Saat ini, 10 atlet Pelatnas SEA Games mengikuti perhelatan Piala Presiden di Palembang, 20-25 April 2015 yang diikuti 182 atlet dari 24 negara.