Bawaslu Sumsel lantik lima Panwaslu kabupaten

id panwaslu, panwaslu sumsel

Bawaslu Sumsel lantik lima Panwaslu kabupaten

Pelantikan Panwaslu lima kabupaten di Baturaja, Jumat (Foto:antarasumsel.com/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Selatan melantik Panita Pengawas Pemilu lima kabupaten di Sumsel yang akan melakukan Pilkada Desember 2015, sementara dua kabupaten lagi terpaksa belum dilantik karena proses seleksi belum usai.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan Andhika usai melantik lima Panwaslu di Baturaja, Jumat, menjelaskan, sedikitnya tujuh kabupaten di Sumsel akan melaksanakan pilkada bupati, namun baru dilantik Panwaslu lima kabupaten, sementara sisanya dalam waktu dekat.

Dijelaskan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) lima kabupaten itu yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan KOmering Ulu Selatan dan Musirawas.

Untuk dua kabupaten lagi, yakni Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Musirawas Utara (Muratara) Panwaslunya belum bisa dilantik serentak sebab proses seleksi masih berlanjut.

"Dua kabupaten tersebut adalah daerah otonomi baru, jadi prosesnya masih berlangsung, akhir Mei ini Panwaslu harus sudah dilantik sementara proses pendaftaran telah ditutup, saat ini memasuki proses seleksi," katanya.

Sedangkan Kabupatenk Pali sudah ada 32 orang mendaftar, sementara Muratara tercatat 30 orang, namun data ini belum final, sebab bisa jadi ada yang mengirimkan berkas melalui Pos diterima paling lambat tanggal 21 April dengan cap pos, selain itu tidak diterima lagi, katanya.

Ia berharap, anggota Panwaslu kabupaten untuk bekerja optimal dan tidak tebang pilih dalam melakukan pengawasan, sebab fungsi pengawasan amat prinsip dalam menjaga proses pesta demokrasi tersebut berjalan dengan baik serta membutuhkan kerja keras semua pihak.

Sementara untuk kemungkinan terjadi politik uang, ia menjelaskan pihaknya sudah membuat indek pemetaan daerah rawan, yakni kawasan padat penduduk, kawasan dengan penduduk ekonomi kurang baik, serta kawasan rata rata pendudukanya masih rendah, pada tempat tersebut pengawasan mesti diperketat.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, melalui Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan Richard Chahyadi mengatakan, Panwaslu mesti selalu berkordinasi dengan semua unsur terkait untuk menyukseskan Pilkada.

Ia berharap Panwaslu mampu bekerja sama dengan baik dan dapat melakukan pekerjaanya secara optimal,

Hadir dalam acara pelantikan Panwaslu kabupaten di Sumsel tersebut Pelaksana tugas Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Aziz, Ketua DPRD Ogan Komering Ulu Johan Anwar serta unsur muspida lainnya.