Pangdam : TNI-Polri harus bersinergi

id pangdam, pangdam sriwijaya

Pangdam : TNI-Polri harus bersinergi

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar Sahil (Oleh Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Iskandar M Sahil minta supaya prajurit TNI dan Polri harus selalu bersinergi agar keamanan selalu tercipta.

Sinergitas TNI dan Polri merupakan modal dasar untuk menciptakan suasana kondusif, kata Pangdam saat bersilaturahim dengan jajarannya bersama anggota Polresta Bandar Lampung, Jumat.

Begitu juga dengan seluruh komponen masyarakat harus selalu kompak terutama dalam menjaga lingkungan masing-masing, ujar Pangdam.

Selain itu Pangdam minta dalam menjalankan tugas anggota harus perpedoman pada Intruksi Presiden tentang gangguan keamanan dan nota kesepahaman (MoU) antara TNI dan Polri pada 2013.

MoU antara TNI dan Polri itu antara lain berisikan masalah mekanisme permintaan tugas perbantuan.

Hal ini karena nota kesepahaman itu mengatur tugas antara TNI dan Polri terutama dalam tugas perbantuan, kata Pangdam.

Memang, TNI dan Polri di wilayah Kota Bandar Lampung menjadi contoh bagi masyarakat luas baik kekompakan, keharmonisan dan tindakan.

Pangdam minta, hindari perselisihan yang menjurus pada pelanggaran hukum dan bila terjadi masalah agar diselesaikan dengan cara-cara yang bijak, beradab dan tuntas,

Hindari cara-cara kekerasan dan main hakim sendiri, ujar jenderal TNI berbintang dua itu.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, apalagi TNI dan Polri merupakan perekat bangsa dan unsur penyangga NKRI sehingga harus mampu mengedepankan keteladanan.

TNI dan Polri hendaknya saling mengingatkan, wujudkan kebersamaan dalam berbagai kegiatan, seperti latihan bersama, olahraga bersama dan kegiatan lain.

Yang jelas, wujud sinergitas inilah yang menjadi kekuatan dan modal utama dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan serta tetap tegaknya NKRI, tambah dia.

Sebelumnya Pangdam juga melakukan kunjungan ke satuan Kodim 0410 Lampung dan memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit dan PNS untuk meningkatkan motivasi dan kinerja.