Legislator: Pemkot prioritaskan perbaikan sekolah tak layak

id sekolah, sekolah tak layak

Legislator: Pemkot prioritaskan perbaikan sekolah tak layak

Pemkot Palembang anggarkan perbaikan sekolah yang rusak (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan berharap pemerintah kota dan kabupaten di provinsi itu untuk memprioritaskan perbaikan sekolah yang tidak layak.

Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan, Fahlevi Maizano di Palembang, Senin menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai bangunan sekolah yang tidak layak.

Menurut dia, untuk pendidikan sarana dan prasarana harus ditingkatkan di daerah tersebut.

"Kalau sarana dan prasarana pendidikan ini secara psikologis anak-anak sekolah akan mempengaruhi," katanya.

Ia mengatakan, dalam kaitannya tentunya pemerintah kabupaten/kota bersama dinas terkait harus lebih memperhatikan sarana dan prasarana pendidikan itu sendiri.

Ia menyatakan, dengan sarana dan prasarana yang lebih baik tentunya akan menggairahkan anak-anak dalam menempuh pendidikan.

"Kami meminta pemerintah kabupaten dan kota mengenai sekolah-sekolah yang tidak layak harus menjadi prioritas utama untuk perbaikan-perbaikan itu," ujarnya.

Ia menuturkan, hal itu dilakukan agar tidak hanya kenyamanan tapi juga keamanan dari anak-anak sekolah itu terutama anak-anak sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

"Kita juga mengharapkan anggaran yang harus minimal 20 persen itu jangan dikaitkan dengan belanja langsung, tetapi hanya untuk sarana dan prasarana," katanya seraya menyampaikan yang 20 persen itu untuk anggaran pendidikan.