Palembang gaet kabupaten se-Sumsel buat paket wisata

id pemerintah kota palembang, pemkot palembang, palembang, wisata palembang, wisata sumsel, kabupaten sumsel

Palembang gaet kabupaten se-Sumsel buat paket wisata

Ilustrasi - Pengunjung menikmati pemandangan disepanjang sungai Musi dengan menggunakan sarana transportasi air "Speed Boat". (Foto Antarasumsel.com/Aw)

....Jika hanya mengelilingi Kota Palembang, mungkin waktu dua atau tiga hari sudah dirasa cukup, tapi jika ada paket wisatanya, misalnya langsung menyambung ke Lahat dan Pagaralam maka bisa jadi para wisatawan akan tinggal di Sumatera Selatan hingga
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menggaet kabupaten/kota se-Sumatera Selatan untuk membuat paket wisata dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan pada 2015.

Staf Ahli Wali Kota Palembang Sudirman Tegoeh di Palembang, Rabu mengatakan pembuatan paket wisata ini merujuk pada anjuran Kementerian Pariwisata agar wisatawan berada cukup lama di suatu daerah.

"Jika hanya mengelilingi Kota Palembang, mungkin waktu dua atau tiga hari sudah dirasa cukup, tapi jika ada paket wisatanya, misalnya langsung menyambung ke Lahat dan Pagaralam maka bisa jadi para wisatawan akan tinggal di Sumatera Selatan hingga satu pekan lebih," kata Sudirman.

Keinginan Pemkot Palembang ini, menurut Sudirman, direspons positif oleh sejumlah kabupaten/kota yang memiliki wisata dari sisi bentang alam.

"Dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan dikoordinasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi," ujar dia.

Ia menambahkan, terkait ide kreatif membuat paket wisata ini, Kota Palembang sudah masuk dalam wisata jalur sutra perjalanan Laksamana Cheng Ho dari Aceh hingga Bali yang digagas oleh Kementerian Pariwisata.

Perjalanan samudera Laksamana Cheng Ho diketahui tidak hanya singgah di Palembang, tapi juga ke Aceh, Batam, Belitong, Jakarta, Semarang, Cirebon, Surabaya dan Bali.

Menurutnya, dalam paket wisata itu, Kota Palembang optimisitis bakal mendapatkan porsi lebih dibandingkan daerah lain di Indonesia karena Laksamana Cheng Ho dikisahkan singgah hingga empat kali pada masa Kerajaan Sriwijaya.

"Dalam berbagam paket wisata ini, pada dasarnya Kota Palembang ingin menggaet wisatawan asal Tiongkok karena setiap tahun ada 100 juta orang yang berpergian setiap tahun," kata dia.

Kota Palembang memiliki sejumlah potensi wisata, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah/heritage.

Saat ini, wisatawan berkunjung ke Indonesia sekitar 35 persen tertarik terhadap faktor alam, seperti ekologi dan kelautan. Sekitar 60 persen tertarik kuliner, religi, dan sejarah, sementara peminat wisata buatan seperti pertunjukan dan beragam pameran hanya 5 persen.

Sementara ini, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumsel sekitar 3 juta jiwa per tahun, sedangkan tahun ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel menargetkan meningkat pesat hingga menebus 5 juta orang.