Ratusan pembalap motor tampil di Sirkuit Baturaja

id balap, balap motor

Ratusan pembalap motor tampil di Sirkuit Baturaja

Kejuaraan balap motor trail di Baturaja, Minggu (Foto:antarasumsel.com/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Ratusan pembalap motor trail tampil unjuk kebolehan pada kejuaraan super grasstrack yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan di sirkuit Karya Utama Motor Sport Baturaja, Minggu.

Pantauan Antara, para pembalap itu beradu keahlian dan kecepatan di atas lintasan berlumpur dengan kontur trek naik turun dan banyak tikungan tajam guna menjadi yang terdepan.

Ajang bergensi itu tak hanya diikuti para pembalap lokal Baturaja saja, tetapi juga diramaikan peserta dari luar Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Setidaknya, pada kejuaraan ini tercatat nama pembalap yang tak asing lagi, di antaranya Diki Karapan dari Lampung, Kipli asal Lubuk Linggau, Cimon (Jawa Tengah), Ari Warwer OKU Timur, Toyink (Lampung). Kuncung Baros (Palembang) dan Riki Depa berasal dari Bengkulu.

Kadisporabudpar OKU, Paisol Ibrahim sekaligus pelaksana kegiatan mengatakan, sedikitnya tercatat sekitar 200 pembalap yang terdaftar pada kejuaraan Super Grasstrack Karya Utama Pemuda Baturaja 2015 ini.

Pada kejuaraan tersebut, kata dia, terbagi menjadi tujuh kelas yang dilombakan, yakni kelas bebek modifikasi dua tak 116 cc open, Kelas bebek modifikasi empat tak 130 cc open, FFA dua tak 11 cc/empat tak 250 cc open, STD open 16 cc/ empat tak 130 cc, FFA s/d 250 lokal OKU, modifikasi 116 cc/ empat tak 130 cc lokal dan kelas spesial KLX Open.

"Peserta berasal dari individu/ komunitas penggemar atau pecinta olahraga grasstrack baik dari Kabupaten OKU dan kabupaten lain di Sumsel," ungkap Paisol.

Dijelaskannya, kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun dan membina generasi muda kepada hal positif dan bermanfaat dalam dunia olahraga motor cross. Selain itu, juga guna menyalurkan minat dan hobi bagi kalangan masyarakat yang membudayakan olahraga grasstrack.

Pantauan di lapangan, kegiatan lomba balap motor tersebut dibuka langsung oleh Pelaksana tugas Bupati OKU Kuryana Aziz yang mengapresiasi jalannya kejuaraan itu.

"Di sini tempat untuk menunjukkan kemampuan dan kebolehan. Bagi yang ingin berlatih, kami imbau juga supaya dilaksanakan di sini," kata bupati.