Festival Sriwijaya harus dirindukan masyarakat

id festival sriwijaya, harus dirindukan, rindukan masyarakat, dinas kebudaya dan pariwisata, irene camelyn sinaga, budaya sumsel, pariwisata sumsel

Festival Sriwijaya harus dirindukan masyarakat

Ilustrasi Sejumlah siswa tengah mementaskan drama kisah kejayaan Sriwijaya pada lomba teater antar pelajar di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Kamis (4/7). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

....bukan sekadar kegiatan serimonial tahun saja....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Festival Sriwijaya harus dirindukan dan selalu ditunggu masyarakat Sumatera Selatan sehingga tidak hanya sekadar bersifat kegiatan serimonial tahunan.

"Kami akan mengemas kegiatan festival ini sedemikian rupa sehingga menjadi yang ditunggu-tunggu masyarakat dan bukan sekadar kegiatan serimonial tahun saja," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Rabu.

Pada rapat persiapan Festival Sriwijaya XXIII ini, Irene Camelyn menjelaskan, pihaknya akan meningkatkan lagi kegiatan festival agar semakin dikenal di Asia Tenggara.

Jadi dalam Festival Sriwijaya 2015 ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel akan menggandeng berbagai pihak supaya kegiatannya lebih semarak.

Disbudpar bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), biro berjalanan wisata, dan perguruan tinggi.

Bahkan, lanjut dia, akan mendatangkan para duta besar negara sahabat dalam agenda tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut.

Festival nanti akan digelar penampilan seni tradisional dan kebudayaaan kabupaten dan kota se-Sumsel.

"Menampilkan kesenian tradisional Sumsel sebagai upaya kami melestarikan budaya daerah yang terancam punah. Yang jelas, Festival Sriwijaya ini akan lebih menarik dibanding tahun sebelumnya," ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman mengatakan, festival Sriwijaya harus lebih menarik dibanding tahun sebelumnya.

Sebab Festival Sriwijaya sudah menjadi kalender tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sehingga harus mampu meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan manca negara, tambah dia