Kuota beasiswa bidikmisi Unsri bertambah

id kuota beasiswa unsri, beasiswa universitas sriwijaya, unsri, universitas sriwijaya, info beasiswa, unsri palembang, beasiswa bidikmisi, pembantu rekto

Kuota beasiswa bidikmisi Unsri bertambah

Pembantu Rektor I Unsri Anis Saggaf (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly Rosana)

.... kuota di Unsri secara bertahap dari hanya 400 sejak diluncurkan pada 2010 kini sudah menjadi 1.000 orang....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kuota penerima beasiswa bidikmisi Universitas Sriwijaya Palembang tahun akademik 2015-2016 bertambah dari 800 menjadi untuk 1.000 mahasiswa setelah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberikan jatah dari provinsi lain yang tidak terambil.

Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya (Unsri) Anis Saggaf di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, mengatakan, penambahan kuota beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu ini berasal dari provinsi lain yang pada tahun lalu tidak termanfaatkan.

Hal itu akan memberikan kesempatan lebih besar bagi 4.700 pendaftar tahun ini melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Minat tinggi sekali setiap tahun, rupanya Kemenristek Dikti membaca situasi ini sehingga menambah kuota di Unsri secara bertahap dari hanya 400 sejak diluncurkan pada 2010 kini sudah menjadi 1.000 orang," kata Anis.

Ia mengatakan, prosedur penerimaan beasiswa bidikmisi kali ini relatif tidak berbeda dengan sebelumnya yakni tetap akan diverifikasi oleh tim khusus ke rumah/tempat tinggal masing-masing calon mahasiswa bagi yang telah dinyatakan lulus seleksi adminstrasi pada 11 Mei 2015.

"Sebanyak 100 orang yang terdiri dari dosen, dekan, dan pembantu rektor masuk dalam tim verifikasi untuk memastikan apa benar mahasiswa pemohon bidikmisi masuk dalam golongan keluarga miskin. Tahun lalu, ada anggota tim sampai datang ke Sulawesi Selatan untuk melihat kondisi di rumah calon mahasiswa bidikmisi," kata dia.

Pemerintah menjalankan program bidikmisi untuk memotong rantai kemiskinan keluarga melalui jalur pendidikan.

Penerima beasiswa ini akan digratiskan biaya kuliah, mendapatkan uang saku per bulan Rp600.000, dan jika memilih bertempat tinggal di Rusunawa Unsri maka akan diberikan potongan biaya.