Unsri siap laksanakan Program Kuliah Gratis

id unsri, universitas sriwijaya, laksanakan kuliah gratis, program kuliah gratis, kuliah gratis sumsel, pembantu rektor, anis saggaf

Unsri siap laksanakan Program Kuliah Gratis

Universitas Sriwijaya (FOTO ANTARA)

....Ini suatu kebijakan mulia....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Universitas Sriwijaya siap melaksanakan program kuliah gratis pada tahun akademik 2015-2016 seperti yang diharapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Pembantu Rektor I Unsri Anis Saggaf di Palembang, Minggu, mengatakan, perguruan tingginya sangat mendukung program baru pemprov dalam bidang pendidikan ini, mengingat jumlah calon mahasiswa dan mahasiswa yang terdata kurang mampu selalu bertambah setiap tahun.

"Pada tahun ini saja ada 4.700 calon mahasiswa yang mendaftar program beasiswa bidik misi yakni beasiswa bagi keluarga miskin dari pemerintah pusat. Jika pemprov Sumsel juga membuat program serupa maka akan lebih banyak lagi keluarga tidak mampu tertolong," kata Anis.

Ia mengemukakan, program kuliah gratis itu direncanakan akan diberikan kepada calon mahasiswa baru dan mahasiswa semester satu berdasarkan konsolidasi Unsri dan Pemprov Sumsel.

Sebanyak 1.500 hingga 2.000 mahasiswa yang terpilih masuk program kuliah gratis ini akan dibebaskan biaya pendidikan dan direncanakan bakal diberikan uang saku penujang kebutuhan kuliah.

"Ini suatu kebijakan mulia, jadi ke depannya tidak ada lagi para lulusan SMA yang menangis tidak bisa kuliah atau mahasiswa terpaksa berhenti karena tidak ada biaya," kata dia.

Sementara ini, berbagai program beasiswa diberikan kepada mahasiswa berprestasi di Unsri.

Khusus bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu, Unsri mendapatkan kuota untuk beasiswa bidik misi sebanyak 1.000 orang pada 2015.

Sementara itu, setelah DPRD Sumsel menyetujui rancangan program kuliah gratis menjadi Peraturan Daerah (Perda), saat ini Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatara Selatan sedang menggodok aturan teknis melalui Peraturan Gubernur (Pergub).

Kepala Disdik Sumsel Widodo mengatakan Pergub itu akan memuat petunjuk pelaksana seperti skema penerimaan, syarat mahasiswa, mekanisme penyaluran bantuan, bidang ilmu dan Perguruan Tinggi (PT) serta kuota mahasiswa tiap tahun yang menerima bantuan.

"Diperkirakan ada 1.500-2.000 mahasiswa yang mengikuti program ini dengan direncanakan akan dibiayai hingga empat tahun, atau sampai Semester 8," kata Widodo.