Petugas imigrasi Palembang lembur layani paspor haji

id imigrasi, kantor imigarsi palembang, papsor haji, lembur, kerja lembur, pelayanan maksimal

Petugas imigrasi Palembang lembur layani paspor haji

Petugas loket pelayanan sedang memproses permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Setiap masuk berkas permohonan paspor jamaah calon haji, petugas berupaya memprosesnya dengan cepat bahkan sering pulang di luar jam kerja normal untuk mengejar target penyelesaian sesuai jadwal yang ditetapkan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Sumatera Selatan yang ditugaskan khusus melakukan pelayanan paspor untuk jamaah calon haji musim haji 1436 Hijriyah bekerja lembur hingga malam hari agar paspor tersebut selesai sesuai jadwal.

"Setiap masuk berkas permohonan paspor jamaah calon haji, petugas berupaya memprosesnya dengan cepat bahkan sering pulang di luar jam kerja normal untuk mengejar target penyelesaian sesuai jadwal yang ditetapkan," kata Kepala Kantor Imigrasi Palembang, Bogi Widiantoro, di Palembang, Senin.

Menurut dia, petugas berupaya memproses berkas yang masuk pada hari itu juga, sehingga jam kerja disesuaikan dengan penyelesaian penginputan dan pemindaian (scan) data jamaah calon haji.

Dengan dilakukan kerja lembur, diharapkan pelayanan pembuatan sekitar 3.000 buku paspor haji bisa diselesaikan sesuai target yang disepakati Kementerian Agama dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia wilayah Sumsel harus sudah rampung pada Juni 2015, katanya.

Dia menjelaskan, pada musim haji tahun ini, pihaknya diberi tugas melakukan pelayanan pembuatan paspor sekitar 3.000 jamaah calon haji dari lima kabupaten/kota sesuai dengan wilayah kerja yakni meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Pelayanan pembuatan paspor haji tahun ini lebih ringan dari tahun-tahun sebelumnya, karena dari 5.000 calon jamaah haji (JCH) yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekah sebagian sudah memiliki paspor sehingga tidak perlu lagi membuat paspor baru.

Sedangkan jamaah calon haji dari kabupaten/kota Sumsel lainnya, proses pembuatan paspornya akan dilayani petugas Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, ujarnya.

Melihat data jumlah jamaah calon haji yang dilayani lebih sedikit dari tahun sebelumnya, untuk melakukan pelayanan disiapkan tim kecil yang mulai melayani penerimaan berkas pada setiap hari kerja pukul 14.00 WIB sampai selesai.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dengan sistem dan jadwal pelayanan yang ditetapkan, petugas bisa memberikan pelayanan secara maksimal dan semua paspor haji mampu diselesaikan lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan, kata Bogi.