Bank Sumsel Babel optimistis lampaui laba 2104

id bank sumsel babel, bank sumsel, perbankan sumsel, laba bank sumsel babel, lampaui laba 2014

Bank Sumsel Babel optimistis lampaui laba 2104

Direktur Utama PT Bank Sumsel Babel Muhammad Adil (Foto Antarasumsel.com/14/Dolly Rosana)

....Pada tahun ini, perusahaan menargetkan akan membuka 30 kantor cabang, membaiki infrastruktur dalam meningkatkan layanan ke konsumen, serta efisiensi....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Bank Pembangunan Daerah Bank Sumsel Babel optimitis melampaui laba tahun 2014 pada tahun ini meski perekonomian Tanah Air masih diselimuti perlemahan.

Direktur Utama PT Bank Sumsel Babel M Adil di Palembang, Selasa, mengatakan, perusahaannya telah mematok target laba hingga Rp500 miliar pada 2015 karena sangat optimitis industri perbankan akan tumbuh pesat seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah.

"Pelemahan yang terjadi hanya sementara saja karena nanti di kwartal kedua akan tumbuh. Saat ini mulai terasa ada pergerakan seiring dengan jalannya sejumlah tender proyek pemerintah," kata dia.

Ia tidak menyangkal bahwa pelemahan ekonomi secara nasional akibat dipengaruhi perekonomian global turut mempengaruhi kinerja perbankan terutama di Sumsel yang sangat bergantung dengan komoditas ekspor karet dan sawit.

Namun, di tengah kondisi ini, BPD Bank Sumsel Babel tidak kehilangan akal, salah satunya dengan memperluas jaringan serta memperbaiki infrastruktur supaya mengikuti perkembangan teknologi terkini.

"Pada tahun ini, perusahaan menargetkan akan membuka 30 kantor cabang, membaiki infrastruktur dalam meningkatkan layanan ke konsumen, serta efisiensi," kata dia.

Terkait dengan efisiensi, Adil mengatakan perusahaannya kembali menargetkan penurunan biaya operasional terhadap pendapatan operasional (bopo) setelah tahun lalu berhasil menurunkan dari angka 87 menjadi 81.

"Pembenahan perusahaan terus dilakukan sejak tahun lalu, tepatnya setelah terjadi proses peralihan manajemen. Pembenahan ini untuk mendorong daya saing perusahaan pada masa datang apalagi mau memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN," kata Adil.

Bank Sumsel Babel sempat memasuki zona merah ketika mencatat NPL (rasio kredit macet) hingga 9 persen pada 2013 atau melampaui ketentuan Bank Indonesia yakni 5 persen.

Namun, seiring dengan perubahan jajaran manajemen dari direksi hingga komisaris membuat BPD Pemerintah Provinsi Sumsel ini menunjukkan kinerja positif dalam setahun terakhir.

Capaian yang diraih Bank Sumsel Babel ini kemudian diapresiasi MarkPlus, salah satu perusahaan motivator di Indonesia dengan memberikan anugrah kepada M Adil sebagai penerima Anugrah Masketeer of The Year Palembang 2015 bersama 13 CEO lainnya di Palembang, Selasa.