Lomba batu akik meriahkan Porprov Sumsel

id lomba batu akik, batu akik, meriahkan porprov sumsel, porprov di lubuklinggau, porprov lubuklinggau

Lomba batu akik meriahkan Porprov Sumsel

Ilustrasi Ahmad Najib mewakili pemerintah daerah menunjukkan sejumlah batu unggulan asli Sumatera Selatan (Foto:antarasumsel.com/15/Feny Selly)

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menggelar lomba dan kontes batu akik untuk memeriahkan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan ke-X yang akan dibuka Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Minggu (24/5).

Lomba batu akik meramaikan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Selatan itu dengan sepuluh kategori yang digelar di gedung Sindang Convention Hall Kota Lubuklinggau, kata Kabag Humas dan Protokol, Pemkot Lubuklinggau Hendra Gunawan, Jumat.

Kesepuluh kategori batu akik yang dilombakan adalah jenis "red", "yellow", orange, dan "white chalcacedony", serta akik gambar badar, akik bebas abstract, kelas batu Lokal khusus/spesial teratai, kelas bebas mix bebas.

Kontes tersebut biasanya dilaksanakan tingkat nasional dan pertama kali di Kota Lubuklinggau sebagai salah satu rangkaian program kunjungan wisata 2015 atau "Visit Lubuklinggau 2015".

Lomba mengasah batu akik dan bazar itu digelar pada 24 Mei 2015 juga akan dibuka Gubernur Sumsel Alex Noerdin, sekaligus meresmikan gedung lokasi lomba sebagai salah satu pusat bazar batu akik di Sumatera Selatan.

Ia berharap dengan dilaksanakan Wali Kota Cup Kontes dan Bazar Batu Akik Tingkat Nasional akan menjadi wahana bagi komunitas batu akik untuk lebih mengasah kemampuan yang mereka miliki.

Diharapkan seluruh kepala daerah bisa ikut berpartisipasi dalam kontes mengasah batu akik tersebut, karena dengan adanya kontes itu selain hiburan juga akan mempererat kekeluargaan dan silaturahim antardaerah.

Panitia Porprov X Sumsel Yayan mengatakan Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe berharap pada pembukaan Porprov itu seluruh kepala daerah hadir, meskipun saat ini sudah memastikan tujuh kepala daerah hadir dan ikut memeriahkan kontes dan mengasah batu akik.

Ketujuh kepala daerah dipastikan hadir tersebut yakni Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Bupati Lahat, Bupati Muara Enim, Bupati Musibanyu Asin, Bupati Ogan Ilir, Wali Kota Prabumulih dan Wali Kota Pagaralam.

Kapolda Sumatera Selatan dan Pangdam II Sriwijaya juga akan hadir, katanya.

Secara khusus juga ia menjelaskan, dampak positif Lubuklinggau sebagai tuan rumah Porprov perekonomian masyarakat akan meningkat karena jumlah tamu yang menghadiri pada acara pekan olah raga tahunan itu mencapai 6.000 orang.

Jika diestimasi dalam sehari satu orang mengeluarkan uang Rp 10.000 maka akan beredar uang Rp60 juta per hari, artinya jika dihitung mulai dari 24-30, maka yang yang beredar selama tujuh hari diperkirakan mencapai Rp420 juta.

"Sebenarnya kegiatan Porprov merupakan salah satu kegiatan yang menguntungkan kita di bidang perekonomian masyarakat. Inilah tujuan Visit Lubuklinggau 2015," jelasnya.