Pemilihan "Bujang Dehe" menarik bagi wisatawan

id pemilihan bujang dehe, bujang dehe musirawas, bujang dehe musirawas darusalam, wisata kabupaten musirawas, bupati musirawas, ridwan mukti

Pemilihan "Bujang Dehe" menarik bagi wisatawan

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Pemilihan "Bujang Dehe Musirawas Darussalam" di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan yang digelar secara rutin dan menjadi agenda tahunan wilayah ini merupakan salah satu kiat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap pemilihan Bujang Dehe Musirawas Darussalam (Pemilihan Bujang dan Gadis) yang diikuti pemuda dan pemudi, karena kegiatan ini menjadi sebuah ajang yang menarik bagi wisatawan khususnya wisatawan manca negara, kata Bupati Musirawas Ridwan Mukti, Minggu.

Ia mengimbau para finalis yang masuk dalam kontes pemilihan Bujang Dehe 2015 untuk terus berkreasi dan memperbaiki penampilan agar bisa tampil ke jenjang tingkat provinsi dan nasional.

Khusus kepada Sekretariat Daerah Musirawas diharapkan pelaksanaan tersebut dapat terus berlanjut sehingga menghasilkan peserta yang berkualitas.

Para pemenang pemilihan Bujang Dehe itu nantinya akan diberikan penghargaan yang menarik untuk memacu semangat berkreasi dan mempertahankan gelar hingga tingkat nasional.

"Saya mengharapkan para peserta tidak hanya warga mampu tapi juga menengah ke bawah pun diberikan kesempatan untuk ikut berlomba. Oleh karena itu para juri harus netral sehingga bisa melahirkan pemuda dan pemudi berbakat," jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Musirawas A Jamain mengatakan melalui pemilihan Bujang Dehe guna memberikan wawasan pengetahuan generasi muda lebih jauh tentang pariwisata sekaligus mempromosikan pariwisata Musirawas ke depan.

Peserta yang mendaftarkan diri pada pemilihan Bujang Dehe 2015 tercatat sebanyak 56 orang dan selanjutnya mengikuti tes tertulis dan wawancara sehingga terjaring 28 finalis terdiri dari 12 putra dan putri.

Dewan juri sendiri adalah Badarudin dari Dewan Kesenian Musirawas, Sumpramto perwakilan Universitas Musirawas, Maulana, Prima (Disbudpar Pemprov Sumsel) dan Masfaril penata rias dan busana Palembang.

Pemenang Bujang berbakat adalah Wirahari Saputra dan Dehe Ayu Meisi, sedangkan pemenang Dehe favorit adalah Serli Nanda dan Wahyu Rolenza AZ.