Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

id pemkot palembang, pemerintah kota palembang, palembang, tingkatkan layanan, kesehatan, layanan kesehatan palembang, kabag humas pemkot palembang, ratu

Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

Ilustrasi - Layanan kesehatan di rumah sakit umum (RSMH) Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan sehingga masyarakat di kota yang dikenal dengan ikon Jembatan Ampera dan Sungai Musinya itu ke depan lebih terjamin kesehatannya.

Peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kota ini dilakukan dengan cara seperti menambah peralatan modern dan fasilitas pendukung yang memadai di rumah sakit umum daerah (RSUD) dan pusat kesehatan masyarakat yang ada di setiap kecamatan, kata Kabag Humas Pemerintah Kota Palembang Ratu Dewa di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sekarang pelayanan kesehatan di Bumi Sriwijaya ini sudah cukup baik, RSUD Bari dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 16 kecamatan peralatannya sudah cukup canggih dan memiliki tenaga medis yang bisa diandalkan.

Masyarakat yang membutuhkan penanganan medis tingkat sedang cukup di puskesmas saja, padahal beberapa tahun lalu masih harus ke rumah sakit umum daerah atau dirujuk ke rumah sakit umum pusat (RSUP) dr Mohammad Hoesin Palembang, kata dia.

Dia menjelaskan, sebelum fasilitas pelayanan kesehatan seperti kondisi sekarang ini, puskesmas hanya dimanfaatkan oleh masyarakat golongan ekonomi kelas bawah atau masyarakat miskin.

Namun kini masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati sepeda motor dan mobil pengunjung.

Dengan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di kota ini, diharapkan ke depan pihaknya dapat memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan yang lebih baik dan fasilitas kesehatan yang ada mampu menjangkau masyarakat lebih luas.

Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan diri sendiri dan keluarga secara rutin ke fasilitas kesehatan yang tersedia di kota pempek ini, kata dia.