Wali Kota maju pada lomba batu akik nasional

id wali kota lubuklinggau, kota lubuklinggau, sn prana putra sohe, mengikuti lomba nasional, lomba batu akik, lomba tingkat nasional, lomba asah batu aki

Wali Kota maju pada lomba batu akik nasional

Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe menemani Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kanan) Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan X di Stadion Petanang Kota Lubuklinggau, (24/5) Minggu malam (Foto Humas Pemprov Sumsel)

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Luuklinggau, Sumatera Selatan, SN Prana Putra Sohe berhak maju mengikuti lomba batu akik tingkat nasional di Jakarta meperebutkan Piala Presiden pada akhir Juni 2015.

"Kami akan mengikutkan SN Prana Putra Sohe pada lomba batu akik tingkat nasional karena keluar sebagai pemenang mengasah batu akik tercepat dalam rangkaian memeriahkan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan X di Kota Lubuklinggau," kata Ketua Gemstone Indonesia Tutur Yogi, di Lubuklinggau, Rabu.

Ia mengatakan lomba mengasah batu akik di Lubuklinggau itu pertama di Sumatera pada 2015 sehingga juaranya berhak ikut pada lomba tingkat nasional.

Dengan semarak batu akik tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian masyarakat hingga lapisan bawah, sekaligus akan mengangkat batu akik lokal di tingkat nasional.

Pada perlombaan antara pejabat di Sumatera Selatan beberapa hari lalu SN Prana Putra Sohe keluar sebagai pemenang karena dinilai dari kecepatan serta nilai eksetika batu yang diukir.

"Kita mengharapkan bersama dengan pelaksanaan kegiatan tersebut akan mengangkat nama batu lokal ke tingkat nasional karena perlombaan itu banyak disaksikan masyarakat dari luar daerah," ujarnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan ada berkah tersendiri dengan banyak pejabat demam batu akik karena disaat harga karet menurun, harga bahan pokok naik, namun kenaikan harga batu akik sedikit menutupi persoalan itu.

"Saya sangat bangga pada Wali kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe dengan semangat serta kerja kerasnya membangun Kota Lubuklinggau hingga tumbuh pesat, itulah dampak positifnya demam batu akik," katanya berseloroh.

Selain itu SN Prana Putra Sohe orangnya kreatif, inovatif, istilah nenek moyang dulu kalau orang banyak ulah pasti pula banyak artinya, kalau mau maju harus banyak kegiatan itulah Kota Lubuklinggau yang banyak berubah saat ini, kata Alex.

Ia berjanji akan berjuang pada Asian Games 2018 yang beberapa cabang olahraga dipertandingkan di Sumatera Selatan untuk mengikut sertakan perlombaan "Dunhil Bike", tentunya Kota Lubuklinggau menjadi tuan rumah.

"Kita sama-sama berjuang untuk Asian Games nanti, kalau Sumsel bertarung dengan DKI Jakarta untuk tuan rumah Asian Games 2018, sedangkan Kota Lubuklinggau akan bertarung dengan Jawa Barat menjadi tuan rumah Dunhil Bike ," ujarnya.