Pelindo antisipasi peningkatan masuknya kebutuhan pokok

id pelabuhan boom baru, bongkar muat, kapal, sembako, pelindo, idul fitri, bulan ramadhan

Pelindo antisipasi peningkatan masuknya kebutuhan pokok

Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pengelola Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan mulai melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi peningkatan masuknya kapal yang akan bongkar muat berbagai kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1436 Hijriyah.  

Persiapan yang dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan bongkar muat kebutuhan pokok tersebut menyiapkan tim yang setiap waktu dapat melayani kapal yang masuk ke pelabuhan, gudang penyimpanan sementara, peralatan, dan fasilitas pendukung lainnya, kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang Fransiska Riana di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, seperti biasanya, setiap menjelang bulan Ramadhan jumlah kapal pengangkut kebutuhan pokok yang melakukan bongkar muat di dermaga peti kemas maupun konvensional mengalami peningkatan.  
Dalam kondisi sekarang ini kegiatan bongkar muat kebutuhan pokok di Pelabuhan Boom Baru Palembang masih normal seperti biasanya rata-rata empat kapal per hari, namun tren peningkatan jumlah kapal yang masuk diprediksi mulai terjadi pada pekan pertama Juni 2015.

Menghadapi kemungkinan terjadinya peningkatan jumlah kapal yang masuk, untuk memperlancar arus kebutuhan pokok dan barang lainnya, dengan berbagai persiapan yang dilakukan saat ini pihaknya optimistis dapat memberikan pelayanan bongkar muat secara maksimal.

"Berapapun kapal yang masuk ke pelabuhan perairan Sungai Musi ini akan dilayani bongkar muat barangnya secara bergiliran sepajang siang dan malam," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang saat ini bisa dilakukan lebih cepat karena peralatan yang ada di pelabuhan ini cukup canggih dan tergolong masih baru.

Peralatan bongkar muat yang ada di pelabuhan ini antara lain container crane dan Rail Mounted Gantry Crane (RMGC) untuk menunjang kegiatan bongkar muat di dermaga peti kemas serta jeb crane untuk bongkar muat barang di dermaga konvensional, kata Fransiska.