Palembang unggul sementara perolehan medali Porprov

id porprov, atlet, medali, kontingen palembang

Palembang unggul sementara perolehan medali Porprov

Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan X di Stadion Petanang Kota Lubuklinggau, Minggu (24/5) malam (Antarasumsel.com/Dok Humas Pemprov Sumsel)

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Kontingen Kota Palembang unggul sementara dalam perolehan medali pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan X di Lubuklinggau.

Kota Palembang hingga pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) itu, Jumat, mengumpulkan sebanyak 106 medali, disusul Kabupaten Muara Enim (78 medali), dan urutan ketiga Kota Lubuklinggau (29 medali), kata Panitia Porprov X Bidang Pertandingan Purwadi.

Ia mengatakan tiga hari menjelang selesai Porprov Sumsel X sebanyak 394 medali telah diboyong para atlet dari 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan, dengan rincian untuk medali emas dan perak masing-masing 122 buah, dan 150 perunggu.

Dengan demikian perolehan medali terbanyak sementara masih dipegang Kota Palembang.

Pada Proprov 2015 itu memperebutkan 1.202 medali dengan rincian 369 medali emas, 359 perak, dan 484 perunggu.

Panitia memperbanyak medali perunggu yang diperebutkan karena ada beberapa cabang untuk juara ketiga bisa diraih secara bersama antara lain seperti sepak takraw.

Sedangkan untuk medali yang dibutuhkan sebanyak 2.316 buah, karena hampir seluruh cabang olahraga diberikan lebih dari satu medali kepada atlet pemenangnya seperti sepak bola.

"Medali yang diperebutkan untuk sepak bola memang satu, namun medali yang diberikan sebanyak 18 sesuai jumlah pemain dalam satu tim," jelasnya.

Humas Pemkot Kota Lubuklinggau Pebrian mengatakan sudah menjadi kebanggaan tersendiri tuan rumah sementara berada urutan ketiga meraih medali karena sebelumnya tidak ditargetkan.

Ia mengatakan sepanjang pelaksanaan Porprov X Sumsel di Kota Lubuklinggau rata-rata perhari ada 100 medali emas, 100 perak yang diperebutkan, sedangkan perunggu rata-rata 50 medali.

"Mudah-mudahan hingga penutupan besok Kota Lubuklinggau bertahan menduduki peringkat ketiga," katanya.