Pemkab: organisasi pemuda supaya bersinergi dengan pemerintah

id pemkab,pemkab oku

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengharapkan kepada organisasi pemuda di daerah itu supaya bersinergi dengan pemerintah dalam mengawal pembangunan di wilayah tersebut.

Asisten III Setda Ogan Komering Ulu (OKU), Achmad Tarmizi di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa pemuda merupakan aset negara yang sangat berarti, karena dianggap sebagai tonggak untuk berdirinya suatu daerah khususnya di wilayah itu.

Sebab kata dia, pembangunan yang hanya dilakukan pemerintah semata tidak akan berjalan maksimal tanpa ada peran dari pemuda.

"Peran pemerintah akan terkendala jika pemudanya tidak berbuat apa-apa untuk mendukung pembangunan," kata Achmad Tarmizi pada acara Pengajian Akbar dan pelantikan Pengurus Cabang GP Ansor Ogan Komering Ulu (OKU) di Gedung Kesenian Baturaja.

Ia menjelaskan, pemerintah sadar kekuatan pemuda dapat mengangkat harkat dan martabat bagi citra pemuda itu sendiri dan juga daerah ke arah yang lebih baik.

"Tentunya semua ini bisa terwujud jika organisasi pemuda bersatu dalam satu wadah yang ada dan bersinergi dalam bekerja dengan Pemkab OKU untuk mewujudkan pembangunan daerah," jelasnya.

Dikemukakannya, momentum yang berkesinambungan seperti ini, GP Ansor bisa menjadi organisasi pemuda yang berbobot, kritis dan inovatif.

"Sehubungan dengan itu kita semua berharap lebih baik, terdidik, bermoral, lebih santun dan menegakan amar ma`ruf nahi mungkar serta ditularkan ke organisasi pemuda lain," ungkapnya.

Sementara di tempat berbeda, Bupati OKU Kuryana Aziz terus menelusuri daerah-daerah terpencil guna menyambangi warganya yang jauh dari pusat kota.

Pasca dilantik sebagai Bupati OKU beberapa hari lalu, dirinya konsen untuk menjangkau daerah-daerah pelosok guna memastikan pembangunan berjalan sesuai harapan.

"Saya secara pribadi sangat meyakini, jika pembangunan di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota terlaksana dengan baik. Hal itu bisa mencerminkan kemajuan bagi kabupaten itu sendiri," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke desa di Kecamatan Peninjauan.

Kuryana juga menyampaikan, untuk merealisasikan pemerataan pembangunan memang merupakan tanggung jawab dari pemerintah.

Kendati demikian, kata dia, dirinya akan merasa optimis tanpa adanya peran aktif dari masyarakat dan pemudanya.

"Mari kita bersama-sama untuk mewujudkan OKU yang maju dan bermartabat serta masyarakatnya sejahtera," ujarnya.