Korban jiwa akibat gelombang panas di India jadi 2.207

id korban jiwa, gelombang panas, india, korban jiwa, new dehli, andhra pradesh, telangana, orissa, cuaca panas

New Delhi, (ANTARA/Xinhua-OANA) - Jumlah korban jiwa akibat gelombang panas di India pada Sabtu (30/5) naik jadi 2.207, dan 202 orang dilaporkan meninggal sejak Jumat di Negara Bagian Andhra Pradesh dan Telangana, India Selatan, serta Orissa di bagian timur.

Kota Nagpur di Negara Bagian Maharashtra di India Tengah mencatat temperatur tertinggi, 47,1 derajat Celsius, pada Sabtu, kata beberapa pejabat badan meteorologi.

Andhra Pradesh melaporkan 146 kematian lagi pada Sabtu, sehingga jumlah korban jiwa bertambah jadi 1.636, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad siang. Sementara itu, di Telangana, jumlah korban jiwa akibat gelombang panas naik jadi 541 dengan 52 kematian lagi dilaporkan selama 24 jam belakangan, kata Press Trust of India, yang mengutip keterangan beberapa pejabat.

Jumlah korban jiwa di Orissa juga naik jadi 21 dari 17 sejak Jumat. Tujuh orang sejauh ini telah dilaporkan meninggal di Gujarat dan dua di New Delhi, Ibu Kota India. (Penterjemah: T.C003/C/Chaidar)