Pantauan Hilal 1 Ramadhan Jatuh 18 Juni

id hilal, penentuan ramadhan

Pantauan Hilal 1 Ramadhan Jatuh 18 Juni

Penetapan Ramadhan 18 Juni 2015 (Foto:antarasumsel.com/Evan)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Berdasarkan pantauan hasil Rukyatul Hilal, 1 Ramadhan 1436 Hijriah yang terlihat di Kota Palembang, Sumatera Selatan sesuai dengan arahan Menteri Agama RI, 1 Ramadhan jatuh pada 18 Juni 2015.

Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Hambali, di Palembang, Selasa mengatakan bahwa berdasarkan pantauan saat matahari terbenam dimana bulan sudah dahulu terbenam pada pukul 17.52 Wib di Kota Palembang.

Sementara, ketinggian Hilal pada sore hari ini menunjukkan -2 derajat 7 menit 46 detik di bawah ufuk Mar`i yang dari hasil tersebut Kakanwil Kemenag

Sumsel Hambali menyimpulkan bahwa 1 Ramadhan 1436 Hijriah jatuh pada 18 Juni 2015.

Dijelaskannya, pengamatan dilakukan di atas tower menara hotel di lantai 18 tersebut dihitung atas penglihatan teropong oleh Kakanwil Kemenag Sumsel yang diperkirakan bulan Sya`ban di Istikmal menjadi genap 30 hari menurut hisab Hilal masih di bawah ufuk pada saat matahari terbenam sore tadi.

Oleh karena itu, mulai 1 Ramadhan yang terhitung genap 30 hari akan mulai pada Kamis 18 Juni dengan hasil didukung juga dari Rukyatul Hilal sebelumnya.

Ia menambahkan, hasil pengamatan itu segera disampaikan ke pihak Kementerian Agama RI sebagai bahan masukan penetapan pada sidang Istbat segera diputuskan, sehingga ummat muslim di Indonesia segera memulai menjalani ibadah puasa.