BI: Kinerja perbankan di Babel tumbuh positif

id bi, bank indonesia, perbankan, bangka belitung, babel, kepala bi kanwil vii, hamid ponco widodo

BI: Kinerja perbankan di Babel tumbuh positif

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kinerja perbankan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih tumbuh positif meski terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama 2015.

Berdasarkan rilis ditandatangani Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah VII (Sumsel, Babel, Lampung, Jambi, dan Bengkulu) Hamid Ponco Wibowo, Kamis, dinyatakan kinerja perbankan di Babel membaik tercermin dari meningkatnya aset perbankan sebesar 11,13 persen (yoy).

Dari sisi penghimpunan dana, Dana Pihak Ketiga (DPK) pada triwulan I-2015 mencapai Rp13,46 triliun atau tumbuh 9,99 persen (yoy) dan penyaluran kredit (berdasarkan lokasi proyek) mencapai Rp13,66 triliun atau tumbuh 19,58 persen (yoy).

Pertumbuhan penyaluran kredit tersebut diimbangi dengan masih terjaganya kualitas kredit di bawah 5 persen sebagaimana tercermin dari Rasio NPL yang sebesar 2,62 persen.

Namun, dari sisi transaksi pembayaran non tunai, baik kliring maupun RTGS di Bangka Belitung mengalami penurunan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya sejalan dengan arah pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung. 

Sementara dari sisi sistem pembayaran tunai, infllow tercatat sebesar Rp558,13 miliar, sedangkan outflow-nyar Rp196,52 miliar sehingga terjadi net inflow sebesar Rp361,61 miliar.

Sedangkan, berdasarkan Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi daerah ini pada triwulan I-2015 tercatat sebesar 4,10 persen (yoy) atau sedikit lebih rendah dibandingkan dengan triwulan IV-2014 yang tercatat sebesar 4,75 persen (yoy).

Namun pencapaian tersebut masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Sumatera yang tercatat sebesar 3,53 persen (yoy).

"Dari sisi permintaan, perlambatan ekonomi tersebut terutama disebabkan melambatnya ekspor luar negeri komoditas timah yang menjadi andalan daerah," kata Hamid.

Sementara itu, inflasi Kepulauan Babel pada triwulan I-2015 tercatat semakin menurun dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yaitu dari 9,04 persen (yoy) menjadi 6,73 persen (yoy) yang didorong oleh penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

Tanjung Pandan sebagai salah satu kota penghitung inflasi juga mencatatkan penurunan inflasi pada triwulan I-2015 yaitu dari 13,14 persen pada triwulan sebelumnya menjadi sebesar 7,07% (yoy).