KPU usulkan pembentukan KPU Musirawas Utara

id kpu, kpu sumsel

KPU usulkan pembentukan KPU Musirawas Utara

KPU (FOTO ANTARA)

Musirawas Utara (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera selatan sudah mengusulkan ke pusat agar segera dibentuk KPU Kabupaten Musirawas Utara untuk menyelenggarakan Pilkada 2015.

"Saat ini tugas KPU Musirawas Utara untuk melakukan tahapan pilkada bupati pertama Daerah Otonomi Baru (DOB) 2015, masih diambil alih dari provinsi," kata Ketua KPU Sumatera selatan Asfahani di Musirawas Utara, Rabu.

Sambil menunggu persetujuan KPU pusat akan pembentukan KPU Kabupaten Musirawas Utara itu, pihaknya sudah melakukan berbagai tahapan pilkada di wilayah itu.

"Meskipun belum ada dana dari anggaran APBN 2015 untuk kegiatan itu, namun tetap dilakukan karena mengingat waktu terus berjalan dan diharapkan pada APBN Perubahan 2015," katanya.

Bila pengajuan itu disetujui maka penganggaran pilkada mulai efektif pada Agustus 2015. Meskipun demikian, sejak beberapa bulan lalu tahapan Pilkada Musirawas Utara sudah berjalan.

Ia memperkirakan bila sudah disetujui, pelantikannya menunggu waktu yang tepat, sesuai arahan KPU pusat.

"Bisa saja menjelang pencoblosan atau dalam tahapan pencalonan," katanya.

Hal itu, katanya, boleh saja dilakukan karena sifatnya "diestafetkan", meski masih perlu "di-backup" juga agar tidak bermasalah akibat belum berpengalaman menguasai teknis kepemiluan.

"Meskipun mereka nanti sudah dilantik, tetap kita `backup`, artinya ada proses kerja sama yang menguatkan, supaya pelaksanaan pilkada berjalan lancar," ujarnya.