Gubernur optimis pembebasan lahan Tol tak terkendala

id tol, jalan tol

Gubernur optimis pembebasan lahan Tol tak terkendala

ilustrasi (Foto antarasumsel.com/istimewa) (Foto antarasumsel.com/istimewa )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin optimistis pembebasan lahan jalan tol Palembang - Indralaya tidak akan menemui kendala, karena saat ini sudah ada aturan tersendiri bila mengalami kesulitan.

Memang, masih ada lahan yang belum dibebaskan dan itu masih terus diproses untuk dilaksanakan ganti rugi, kata gubernur kepada wartawan di Palembang, Rabu.

Apalagi lahan yang belum diganti rugi tersebut sudah ada musyawarah dengan pemiliknya, sehingga sekarang ini sedang proses penyelesaian, kata dia.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Sumsel telah bekerja keras untuk melaksanakan pembangunan jalan bebas hambatan (tol) tersebut supaya selesai secepat mungkin.

Dia mengatakan, sejak diresmikannya peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan jalan tol sepanjang 22 kilometer tersebut, awal Mei 2015, pihaknya terus mengevaluasi supaya rampung tepat waktu.

Apalagi jalan bebas hambatan Palembang - Indralaya Kabupaten Ogan Ilir merupakan tonggak awal dimulainya pembangunan jalan tol Trans Sumatera (JTTS), karena kedepannya sangat dibutuhkan Sumsel bagi kelancaran arus transportasi.

Oleh karena itu pihaknya terus memantau progres pembangunan jalan yang sudah lama ditunggu masyarakat tersebut, ujar dia.

Yang jelas, infrastruktur jalan tol tersebut sangat penting sehingga Pemprov akan terus melakukan pengawasan.

"Jadi semua pihak harus mendukung agar pembangunan tol Palembang - Indralaya berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

Memang, lanjut dia, banyak pihak mengatakan pembangunan tol tersebut akan lama, namun itu tidak perlu dikhawatirkan karena prosesnya berjalan terus.

Sebagaimana tol Palembang - Indralaya peletakan batu pertama dilaksanakan Presiden Joko Widodo awal Mei lalu bersamaan dengan di Lampung.