Dewan bahas pembangunan SMPN di Keluang

id dprd muba, bahas pembangunan gedung smpn

Dewan bahas pembangunan SMPN di Keluang

Rapat Paripurna DPRD Muba (Foto Antarasumsel.com/15/Humas Muba)

Sekayu (ANTARA Sumsel) - Komisi I DPRD Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan, menggelar rapat membahas mengenai lokasi pembangunan gedung SMP Negeri 4 Kecamatan Keluang.

Perwakilan masyarakat Desa Dawas, Kahar saat menyampaikan aspirasinya kepada pimpinan rapat di Sekayu, Rabu berharap agar lokasi pembangunan SMPN 4 Keluang dapat dipindahkan ke Desa Dawas, karena di desa tersebut belum ada SMP Negeri, hanya ada sekolah swasta dan gedung yang dibangun swakelola oleh masyarakat petani.

Ia juga berharap, pemerataan pembangunan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, termasuk di Desa Dawas Tanjung Dalam.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba HM Yusuf Amilin melalui Sekretaris Dikbud, Alias menangapi aspirasi masyarakat tersebut dengan menjelaskan kronologis pembangunan sekolah baru.

Menurutnya, untuk pembangunan sekolah baru selain dilakukan studi kelayakan, segi geografis jarak antara sekolah satu dengan yang lainnya yakni SMPN 1 dan SMPN 4 juga diperitungkan, termasuk kemudahan siswa untuk mengakses sekolah.

Serta, berdasarkan analisis tenaga pengajar sudah siap, tetapi rencana awal akan di bangun di Desa Tegal Mulyo.

"Jika ingin melakukan perubahan lokasi pembangunan, maka harus berkoordinasi dengan pusat lagi, karena akan ditinjau ulang. Ini akan makan waktu, tidak bisa dibangun segera, karena kegiatan tersebut didanai oleh pusat dan dikerjakan secara swakelola," katanya.

Ketua Komisi I selaku pimpinan rapat, Dear Fauzul Azim menyarankan agar pembangunan SMPN 4 ini dapat ditinjau ulang.

Apabila memang memungkinkan, maka pihak legislatif akan merekomendasikan pembangunan sekolah tersebut agar bisa dipindahkan ke Desa Dawas Kecamatan Keluang.

Rapat tersebut diikuti Anggota Komisi I DPRD Muba, Ziadatulher, A Rahman Senen, Yulisman, Bahrul, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba, UPTD Dikbud Kecamatan Keluang, Asan, Kepala Desa Dawas, Amsar, Pengawas Kemenag, Fathullah, Ketua YPI Al Fathoniyah, Eko Aris, Kepala Madrasyah Al Fathoniyah, Sugiartp SS dan masyarakat setempat.