Penumpang pesawat di Palembang meningkat

id bandara, pesawat, penumpang pesawat meningkat, mudik lebaran, lebaran, arus balik lebaran

...Berdasarkan data, permintaan tiket pesawat sekarang ini mulai menunjukkan peningkatan dan puncaknya pada akhir pekan 25 Juli nanti...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengguna jasa angkutan udara di Palembang, Sumatera Selatan, lima hari usai Idulfitri 1436 Hijriah/tahun 2015 ini, mulai mengalami peningkatan sehingga mendorong harga tiket pesawat naik.

"Harga tiket pesawat terutama tujuan Palembang-Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini berada pada posisi di atas Rp600.000. Padahal sehari sebelumnya masih ada yang dijual Rp550.000 per orang satu kali penerbangan," kata Chandra, petugas penjualan tiket Yudhistira Wisata, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan data, permintaan tiket pesawat sekarang ini mulai menunjukkan peningkatan dan puncaknya pada akhir pekan 25 Juli nanti, mengingat sebagian besar pemudik mulai menjadwalkan kepulangan ke daerah tempat bekerja atau mencari nafkah.

Dalam kondisi ramai sekarang ini dan beberapa hari ke depan, mendorong harga tiket mengalami sedikit kenaikan, sehingga pada penerbangan jam tertentu sulit untuk mendapatkan tiket penerbangan ke Jakarta dan sejumlah daerah lainnya.

Guna mengatasi lonjakan pengguna jasa angkutan udara itu, pada arus balik Lebaran ini, sejumlah maskapai penerbangan tidak ada yang menyediakan penerbangan tambahan (extra flight) karena masih cukup dengan penerbangan reguler yang beroperasi di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Maskapai penerbangan yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus balik Lebaran di Bandara Internasonal Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Citilink.

Maskapai penerbangan yang paling banyak menyediakan pesawat untuk pelayanan mudik dan balik Lebaran, yakni Garuda Indonesia dengan 11 pesawat, kemudian Lion Air dengan 11 pesawat, Citilink dan Sriwijaya Air tiga pesawat dengan jadwal penerbangan mulai pukul 05.45--22.55 WIB, ujar dia lagi.

Sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Palembang Iskandar Hamid menjelaskan bahwa pihaknya berupaya mengoptimalkan loket pelayanan check-in di terminal keberangkatan untuk menghadapi lonjakan pengguna jasa angkutan udara pada musim mudik Lebaran 2015 ini.

"Dalam kondisi normal tidak semua loket dibuka, namun pada musim mudik Lebaran ini seluruh loket dibuka, sehingga dapat memperpendek antrean menjelang jam keberangkatan pesawat," ujarnya lagi.

Menurut dia, menghadapi Idulfitri 1436 Hijriah/2015 Masehi ini, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada ribuan pengguna jasa angkutan udara.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa angkutan udara, selain mengoptimalkan seluruh fasilitas pelayanan dan personel, pihaknya juga berupaya meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan di kawasan bandara.

Maskapai penerbangan yang siap melayani pemudik dari SMB II Palembang ke berbagai daerah di Pulau Sumatera dan Jawa, seperti biasanya pada musim mudik lebaran ini sebanyak 10 maskapai penerbangan yang menyatakan kesiapannya.

"Pada musim mudik lebaran tahun ini ada 10 maskapai penerbangan siap melayani pemudik lebaran, dengan 47 penerbangan setiap harinya," ujarnya lagi.

Beberapa rute penerbangan langsung yang dapat dilayani melalui Bandara SMB II, yakni Palembang-Bandung, Palembang-Yogyakarta, Palembang-Surabaya, Palembang-Denpasar, Palembang-Padang, Palembang-Batam, Palembang-Pangkalpinang, Palembang-Tanjung Pandan, Palembang-Belitung, Palembang-Bengkulu, Palembang-Jambi, dan Palembang-Tanjungkarang.