Jurusan perikanan jadi program kuliah gratis

id widodo, kadiknas

Jurusan perikanan jadi program kuliah gratis

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Jurusan perikanan salah satu program kuliah gratis yang akan diresmikan akhir Agustus 2015 karena sektor itu sudah menjadi potensi daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo di Palembang, Minggu mengatakan dalam kuliah gratis nanti pihaknya mengutamakan jurusan yang menjadi unggulan daerah yang salah satunya perikanan.

Jadi perikanan menjadi salah satu jurusan yang dibuka dalam pelaksanaan kuliah gratis mendatang, ujar dia.

Sehubungan itu pihaknya melakukan kerja sama dengan universitas negeri seperti Unsri dalam kuliah gratis nanti, ujar dia.

Namun, bisa saja terbuka kemungkinan kuliah dapat dilaksanakan di universitas lainnya asal jurusan diminta sesuai yang diinginkan dengan potensi daerah.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang dibukanya jurusan perikanan dalam kuliah gratis nanti karena potensi hasil dari perairan tersebut sangat menjanjikan.

Jadi dengan adanya potensi besar itu harus dikelola secara maksimal sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Oleh karena itu jurusan yang dipilih antara lain perikanan yang diharapkan tamatan kuliah gratis nanti dapat menggali potensi ikan tersebut.

Sebagaiman kuliah gratis akan luncurkan pada akhir Agustus 2015 dengan mengundang berbagai perguruan tinggi baik di Sumsel maupun luar.

Peluncuran kuliah gratis tersebut tanda dimulainya kuliah perdana bagi masyarakat kurang mampu di daerah ini.