Sumsel tuan rumah tiga agenda internasional

id dayung, tiga agenda internasional

Sumsel tuan rumah tiga agenda internasional

Sejumlah pasangan pedayung tengah berlomba di arena ski air Jakabaring, Palembang (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan menjadi tuan rumah tiga agenda internasional dayung tingkat Asia pada November 2015 karena memiliki arena olahraga air bertaraf internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

Wakil Ketua II Pengurus Provinsi KONI Sumsel Musni Wijaya di Palembang, Selasa, mengatakan Sumsel sudah dipercaya Federasi Internasional Kano menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Kano (1-2 November), Kongres Federasi Kano Asia (3 November), dan Kejuaraan Perahu Naga Asia (4-5 November).

"Ini suatu kehormatan bagi Sumsel karena dipercaya menyelenggarakan tiga kegiatan sekaligus. Tentunya, Sumsel ingin melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya," kata dia.

Ia mengemukakan tugas ini tidak bisa dipandang remeh karena kejuaraan kano dan perahu naga akan diiktui 30 negara di Asia, sementara untuk kongres akan diiktui 40 Negara.

Apalagi, Kejuaraan Kano Asia menjadi ajang seleksi olimpiade.

"Sumsel akan menyiapkannya dengan matang karena panitia yang terbentuk terbilang sudah berpengalaman menyelenggaran ajang olahraga saat SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumsel Eva Ruliningtias menambahkan, momen ajang internasional ini juga dimanfaatkan PB PODSI untuk menggelar kejurnas pra PON, 6-10 November.

"Dengan adanya Kejuaraan Asia membuat panitia tidak terlalu sulit dalam menyiapkan kejurnas pra PON karena kondisi arena dan peralatan sudah siap pakai," tukasnya.

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan menganggarkan dana sebesar Rp5 miliar untuk menggelar Kejuaraan Kano Asia tersebut.

Menurut Kepala Dispora Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo, dana tersebut akan diajukan dan dibahas bersama Komisi V DPRD Sumsel karena masuk dalam pengajuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP).

"Dalam anggaran tersebut, termasuk juga peralatan yang akan digunakan atlet, seperti perahu, dayung, serta dermaga. Targetnya pada Oktober sudah datang semua," katanya.