Pejabat: kurangi konsumsi nasi dapat hindari diabetes

id bupati, bupati oku

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Joni Amran mengharapkan masyarakat agar mengurangi konsumsi nasi guna menjaga kesehatan dan menghindarkan dari penyakit diabetes.

"Kita mengajak masyarakat mengurangi makan nasi serta terigu," kata Joni Amran pada acara sosialisasi melalui lomba masak para ibu PKK Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) di Baturaja, Selasa.

Menurut Joni, sebagai penggantinya masyarkat bisa mengkonsumsi ubi, jagung, buah-buahan dan lainnya karena lebih baik untuk kesehatan.

"Makanan-makanan seperti ini jauh lebih sehat," katanya.

Pantauan di lapangan, Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi dan Aman (BS2SA) itu dihadiri Bupati OKU, Kuryana Aziz dan jajaran serta Ketua DPRD OKU, Johan Anuar ini berlangsung meriah.

Sementara 30 peserta terlibat pada kegiatan ini terdiri atas sembilan tim penggerak PKK, 21 tim Dharma wanita dan organisasi lainnya.

"Tujuan lomba berbasis sumber daya lokal masyarakat dalam meningkatkan menu berbasis lokal, serta sehat untuk dikonsumsi," kata Joni menambahkan.

Ia mengemukakan, pemenang lomba ini akan mewakili OKU di tingkat provinsi dan untuk mewakili di tingkat nasional akan difasilitasi pemerintah.

Sementara Bupati OKU, Kuryana Aziz menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, tentunya akan ada perubahan menu.

"Seluruh panitia membantu kegiatan ini dengan harapan niat baik tersebut dapat menghasilkan hal-hal bermanfaat," kata Bupati