Kebakaran hanguskan puluhan rumah di Seberang Ulu

id kebakaran, kebakaran di palembang

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kebakaran menghanguskan 40 unit rumah warga di pemukiman padat penduduk Lorong Prima Kelurahan 3 Ulu dan 4 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Palembang, Rabu, sekitar pukul 13.00 WIB.

Kapolsek Seberang Ulu I, Kompol Suhardiman mengatakan kebakaran ini diakibatkan hubungan singkat listrik.

"Api cepat menjalar karena rumah warga saling berdekatan, dan sebagian besar terbuat dari kayu," kata Suhardiman.

Ia mengemukakan, sementara ini hanya terdapat seorang korban jiwa atas nama Yusuf yang mengalami serangan jantung akibat shock atas kejadian kebakaran di rumah kediamannya. "Korban saat ini sudah diurus oleh keluarganya," ujar dia.

Ia menjelaskan, untuk memandamkan api ini, Pemkot Palembang melalui Dinas Pemadam Kebakaran mengerahkan seluruh unit mobil damkar.

Namun disayangkan, karena lorong tempat pemukiman ini hanya sekitar dua meter membuat mobil damkar tidak dapat menuju tempat kejadian.

Para petugas terpaksa menggunakan selang (peralatan dalam mobil damkar) untuk mendistribusikan air mendekati lokasi kejadian.

Lantaran itu, warga sekitar secara swadaya mematikan api dengan mengangkut air yang tersedia di dekat lokasi kebakaran.

Sehingga berselang sekitar 40 menit dari kejadian, api dapat dipadamkan oleh regu pemadam kebakaran bersama warga.

Camat SU I, Novran mengatakan pemerintah segera membentuk posko penanggulangan bencana kebakaran untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan warga yang terkena musibah.

"Posko akan didirikan hari ini juga untuk menyuplai bantuan, dengan melibatkan berbagai SKPD, seperti Dinsos, Badan Penanggulangan Bencana Kota, dan Dinkes," kata dia.