Menteri: pembangunan monorel tunggu Perpres

id monorel, rel tunggal

Menteri: pembangunan monorel tunggu Perpres

Lintasan kereta api atau rel tunggal (monorel) akan dibangun di Kota Palembang (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri BUMN Rini M Soermarno mengatakan,pembangunan Light Rail Transit atau monorel masih menunggu Peraturan Presiden.

Pembangunan rel tunggal atau monorel itu memang terus diupayakan, terkait dengan Sumatera Selatan   akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, kata menteri kepada wartawan usai pertemuan dengan Gubernur Sumsel di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, kendala itu juga dihadapi Provinsi DKI Jakarta yang juga sama-sama menunggu Perpres tersebut keluar.

Light Rail Transit (LRT) di Sumsel menjadi prioritas bagi pemerintah pusat karena itu merupakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam mengurangi kemacetan di Palembang.

"Yang jelas, Sumsel akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games pada 2018 sehingga pembangunan monorel itu secepatnya dikerjakan," katanya.

Sementara investasi sendiri, menteri belum bisa merinci karena berbagai pihak juga diharapkan membantu pendanaan. Sementara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan memang antara DKI Jakarta dan Sumsel sama-sama masih menunggu Perpres tersebut.

Namun dipastikan Perpres akan keluar sebelum 2015 berakhir, kata dia.

Menurut dia, pengerjaan LRT untuk Sumsel lebih cepat sebab panjangnya di daerah ini hanya 24,5 km, lebih pendek dibanding LRT milik DKI Jakarta yang sama-sama akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Jadi setelah Perpres keluar pembangunan rel tunggal tersebut akan dikerjakan karena masalah lahan tidak ada kendala lagi, tambah dia. ***1***