142 Calon Haji Musi Banyuasin jalani manasik

id manasik, mansik haji

142 Calon Haji Musi Banyuasin jalani manasik

Jamaah jalani manasik haji (ANTARA FOTO)

Sekayu (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 142 orang jamaah calon haji Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menjalani manasik haji selama dua hari menjelang keberangkatan ke tanah suci Makkah.

Manasik haji bagi para jamaah calon haji itu diselenggarakan menjelang keberangkatan ke tanah suci Makkah pada musim haji tahun 2015 oleh kantor Kementerian Agama Musi Banyuasin (Muba) bersama Pemkab setempat, kata Asisten I Pemerintah Kabupaten Muba Rusli di Sekayu, Kamis.

Dijelaskannya, sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam melakukan bimbingan kepada jamaah calon haji dengan memberikan pembinaan, pelayanan dan bimbingan dalam menjalankan ibadah haji.

Sementara, Rusli pada pembukaan manasik haji di Sekayu sebelumnya mengingatkan kepada para jamaah calon haji bahwa untuk menjadi haji yang mabrur ada dua hal yang perlu diperhatikan, yakni harus berniat menunaikan ibadah haji tidak ada motivasi lain semata-mata untuk memenuhi panggilan Allah SWT, serta melaksanakan rukun ibadah haji sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

Dia juga meyakinkan para jamaah bahwa materi tata cara berhaji disampaikan dalam pembinaan manasik haji hari ini sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah.

Ia berharap, semua jamaah calon haji diberikan kesehatan sehingga dapat menjalankan ibadah haji dan menjadi haji yang mabrur.

Ia mengatakan, ke depan Pemkab Muba akan mengusulkan ke bagian kesra untuk memberikan bantuan penginapan bagi jamaah calon haji yang tinggal jauh dari ibu kota kabupaten agar mereka bisa tepat waktu, lebih fokus dan efektif dalam mengikuti manasik haji.

Sementara, menurut laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Muba Herman, manasik haji dilaksanakan selama dua hari, dengan jumlah peserta jamaah calon haji sebanyak 142 orang terdiri atas 63 laki-laki dan 79 perempuan yang berasal dari 12 Kecamatan di wilayah itu.

Secara rinci masing-masing jamaah calon haji asal Kecamatan Sekayu 42 orang, Babat Toman 10 orang, Lawang Wetan 17 orang, Lais empat orang, Sungai Keruh tujuh orang, Sanga Desa sembilan orang, Plakat Tinggi empat orang, Sungai Lilin sembilan orang, Bayung Lencir tujuh orang, Tungkal Jaya 16 orang, babat Supat tujuh orang dan Keluang 11 orang.

Herman menambahkan, maksud dan tujuan manasik ini untuk memberikan pemahaman kepada jamaah calon haji tentang tata cara menjalankan ibadah haji guna memperoleh haji yang mabrur.

Oleh karena itu, selama bimbingan manasik ini para jamaah hendaknya diikuti dengan baik, supaya nantinya dapat menjadi haji yang mambrur, katanya.