Palembang berpotensi kembangkan perikanan perairan umum

id ikan, dinas perikanan, kembangkan perikanan perairan umum

Palembang berpotensi kembangkan perikanan perairan umum

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Evan Ervani)

...Kota Palembang yang dibelah menjadi dua bagian oleh Sungai Musi berpotensi dalam mengembangkan perikanan perairan umum...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kota Palembang, Sumatera Selatan berpotensi mengembangkan perikanan perairan umum untuk meningkatkan produksi ikan guna memenuhi kebutuhan masyarakat kota setempat dan sekitar bahkan provinsi tetangga.

"Kota Palembang yang dibelah menjadi dua bagian oleh Sungai Musi berpotensi dalam mengembangkan perikanan perairan umum," kata Kepala Bidang Humas Pembinaan dan Informasi Data Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan Gamalda Israk di Palembang, Jumat.

Menurut dia, tempat untuk mengembangkan perikanan perairan umum di Bumi Sriwijaya ini tersedia sangat luas yakni mencapai 2,5 juta hektare.

Potensi yang tersedia sangat besar itu saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga pihaknya berupaya memotivasi warga kota itu mengembangkan perikanan perairan umum, katanya.

Dia menjelaskan, kebutuhan ikan warga ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu belum mampu dipenuhi sendiri dari hasil tangkapan nelayanan, budidaya ikan, dan pengusaha ikan di Palembang.

Kebutuhan ikan warga Kota Palembang, selain dipenuhi oleh petani dan pengusaha ikan setempat juga dipasok dari empat kabupaten Sumsel lainnya seperti Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Berdasarkan data pasokan ikan dari berbagai daerah tersebut ke Pasar Induk Jakabaring Palembang berkisar 12-15 ton per hari.

"Jika potensi perikanan perairan umum yang tersedia di kota tersebut dimanfaatkan secara maksimal, bukannya tidak mungkin beberapa tahun ke depan Palembang akan menjadi pemasok ikan untuk kebutuhan masyarakat provinsi tetangga dan menjualnya ke luar negeri/ekspor," ujar dia.