Forki Sumsel target 10 atlet lolos PON

id karate, tim atlet karate

Forki Sumsel target 10 atlet lolos PON

Antara Karateka (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia Sumatera Selatan menargetkan 10 atlet meraih tiket ke Pekan Olahraga Nasional XIX/2016.

Ketua Harian Pengurus Provinsi Forki Sumsel Husni Yusuf di Palembang, Minggu, mengatakan Sumsel menyiapkan 17 atlet untuk bertarung di ajang prakualifikasi PON di Medan, 3-5 Oktober 2015, untuk mencapai target tersebut.

"Harapannya setelah meloloskan 10 atlet akan membuka peluang meraih medali. Pada ajang empat tahunan kali ini, Sumsel menargetkan satu emas," kata dia.

Untuk memastikan tiket ke PON tersebut, Forki akan menurunkan atlet terbaik yakni mereka yang lolos seleksi daerah, Minggu (2/8).

Seleksi itu diikuti enam perguruan yaitu perguruan Gojokai, Inkai, KKI, Wadokai, Inkanas.

"Untuk PON Jabar, Sumsel masih akan mengandalkan muka lama seperti Ira Maya Sofa pada kata perorangan putri, Reza Pradipta pada kumite -67 kg, dan Meilina pada kumite -60kg. Nanti pada PON berikutnya, saatnya junior yang berbicara," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Karate Sumsel Alfatah Lukman mengatakan karateka muda Sumsel mulai diperhitungkan menyusul keberhasilan meraih medali emas pada Kejurnas antar-PPLP di Gorontalo, 6-10 November 2013.

"Sumsel kini mulai diperhitungkan, berbeda dengan beberapa tahun lalu," ujar dia.

Pada PON tahun 2008 lalu, Sumsel mampu meraih satu perak atas nama Meilina, dan satu perunggu melalui Ira Maya Sofa.

Namun pada PON di Riau 2012 mengalami kemerosotan menjadi hanya satu perunggu melalui Ira.