Sekda imbau masyarakat tanggulangi kebakaran hutan

id kebakaran, kebakaran hutan

Sekda imbau  masyarakat tanggulangi kebakaran hutan

Sekda Muba meninjau lokasi kebakaran hutan di Banyung Lencir (Foto: antarasumsel.com/ M Ilham/15)

Sekayu, Sumsel, 3/8 (Antara) - Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan, Drs H Sohan Majid mengimbau masyarakat dan perusahaan untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap.

"Sebagaimana diketahui dampak asap ini luar biasa menyangkut masalah global, oleh karena itu mari kita bersama-sama menanggulangi bahaya kebakaran dengan harapan ke depan Musi Banyuasin (Muba) zero dari kabut asap," kata Sohan beserta rombongan ketika meninjau lokasi titik api di Desa Sungai Medak Kecamatan Bayung Lencir, Senin.

Ia juga menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada tim gabungan beserta perusahaan yang telah bahu-membahu mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

"Ini tanggung jawab kita bersama, semoga semangat dan kekompakan semua pihak bisa dijaga", katanya.

Sementara, berdasarkan laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Drs Syafaruddin, bahwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Muba khususnya di wilayah Kecamatan Bayung Lencir potensinya paling tinggi di Muba dimana kondisi dan struktur keadaan lahan terdiri atas lahan gambut berdiameter 0 sampai 9 meter.

"Menurut laporan dari warga setempat dan BPBD provinsi bahwa pada, Sabtu (1/8) di wilayah Muba sudah ada hujan.

Syafaruddin menambahkan, tidak terlepas dari itu semua pihak tetap siaga, karena laporan dan pantauan satelit bahwa di Muba masih ada asap yang muncul dari permukaan lahan gambut.

Sementara, Sekda Muba sebelum menuju titik api memimpin langsung Apel Siaga Gerakan Pemadaman Api di Hutan dan Lahan. Tim yang mengikuti apel terdiri atas Dinas Kehutanan, Manggala Agni, Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muba serta Kelompok Masyarakat Peduli Api (KMPA) Desa Sungai Medak Kecamatan Bayung Lencir.