Pemberangkatan jamaah Calon Haji Sumsel akhir Agustus

id haji, jamaah haji

Pemberangkatan jamaah Calon Haji Sumsel akhir Agustus

Jamaah haji kloter pertama di Palembang (Foto: antarasumsel.com/15/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemberangkatan jamaah calon haji Sumatera Selatan kelompok terbang pertama pada 28 Agustus 2015 dan sebelum berangkat mereka harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan akhir.

Kakanwil Kementerian Agama Sumsel H Hambali di Palembang, Selasa mengatakan, memang jamaah calon haji Sumsel bergabung dengan Bangka Belitung pemberangkatannya melalui embarkasi Palembang dengan 14 kelompok terbang.

Untuk kelompok terbang pertama peberangkatannya akhir Agustus 2015, kata dia.

Sementara jumlah jamaah calon haji Sumsel sendiri tercatat 5.088 orang sedangkan Bangka Belitung ada 732 jemaah, ujar dia.

Menurut dia, diharuskannya jamaah calon haji masuk asrama karena sebelum berangkat mereka akan diperiksa kembali kelengkapan surat menyurat termasuk kesehatan.

Pemeriksaan itu penting karena jemaah calon haji harus sehat agar dalam beribadah menjadi khusuk.

Sementara pemondokan sendiri untuk jamaah calon haji embarkasi Palembang paling jauh 4,5 kilometer dan terdekat 2 Km.

Jadi mengenai penempatan akan diundi yang berarti pemondokan kelompok terbang sendiri belum diketahui.

Menurut dia, untuk pemondokan yang jauh panitia menyiapkan angkutan sehingga jamaah calon haji tidak perlu khawatir dalam menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Hal ini karena seluruh fasilitas angkutan disediakan sehingga mereka dalam beribadah tidak mengalami hambatan, kata dia.

Pemberangkatan calon haji embarkasi Palembang diharapkan tidak mengalami hambatan dan nantinya jamaah tersebut menjadi haji mabrur.