Sumatera Selatan siapkan 15 atlet dayung ke Pra-PON

id dayung, tim dayung sumsel

Sumatera Selatan siapkan 15 atlet dayung ke Pra-PON

Tim dayung (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia Sumatera Selatan menyiapkan 15 atlet untuk berlaga di prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional XIX di Surabaya, September 2015.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi PODSI Sumsel Eva Rulianingtias di Palembang, Selasa, mengatakan ke-15 atlet ini akan mengikuti nomor rowing single, rowing double, dan rowing empat orang.

"Sumsel tetap mengandalkan dua atlet putri, yakni Wahyuni dan Yuniarti yang berhasil meraih satu perak dan satu perunggu pada SEA Games 2015 Singapura untuk meraih tiket ke PON Jawa Barat 2016, karena dari dulu hingga sekarang kekuatan Sumsel ada di nomor double," kata dia.

Sementara, atlet lainnya diharapkan juga mengejar target tiket ke PON karena PODSI Sumsel menargetkan delapan atlet meraih tiket.

"Harapannya banyak atlet yang lolos sehingga peluang meraih medali menjadi lebih terbuka. Para atlet junior juga diharapkan dapat menambah jam terbang melalui ajang prakualifikasi ini," ujar mantan atlet dayung Sumsel ini.

Ia menambahkan, pada PON di Jawa Barat, PODSI Sumsel menargetkan satu medali emas mengingat pada ajang empat tahunan sebelumnya di Riau hanya sebatas meraih perak dan menembus peringkat enam nasional.

Pada PON di Riau 2012, empat atlet dayung itu adalah Wahyuni, Yuniarti, Maryati, dan Elin Winda Sari berhasil meraih satu medali perak dan satu medali perunggu pada.

"Semoga saja pada PON Jabar bisa meraih emas, dan PODSI mengamati peluang sangat terbuka karena beberapa atlet sudah berada di rangking terbaik nasional," kata dia.

Untuk mencapai target tersebut, menurut Eva, sejumlah atlet andalan telah tergabung dalam program KONI Sumsel menuju PON Jabar.

"Terhitung sejak 1 Maret 2013, para atlet andalan Sumsel sudah tergabung dalam program yang diharapkan mengikat atlet dan pelatih berprestasi tidak berpindah ke daerah lain," ujar dia.